TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Manik-manik Emas Tertua Ditemukan di Bulgaria

200 tahun lebih tua ketimbang yang ditemukan sebelumnya.
Manik-manik Emas Tertua Ditemukan di Bulgaria
Manik-manik tertua

VIVA.co.id – Meski ukurannya kecil, namun manik-manik ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Ditemukan di Bulgaria dan diklaim sebagai manik-manik tertua yang ada dalam sejarah.

Bentuknya bulat, mirip dengan cincin, dengan diameter sekitar 4 milimeter. Manik-manik itu disinyalir terkubur di tahun 4500 atau 4600 sebelum masehi. Usianya diperkirakan 200 tahun lebih tua ketimbang perhiasan tembaga era necropolis, yang ditemukan di kota laut hitam Varna.

"Saya yakin, manik-manik emas ini lebih tua ketimbang emas Varna. Ini merupakan penemuan penting. Meski kecil namun memiliki tempat yang cukup penting dalam sejarah," ujar Yavor Boyadzhiev, profesor dari Bulgarian Academy of Science, seperti dikutip dari Reuters.

Boyadzhiev percaya jika manik-manik itu buatan asli wilayah tersebut. Wilayah pemukiman yang terletak di luar kota modern dari Pazarddzhik. Itu adalah lokasi urban pertama di Eropa, dipenuhi oleh masyarakat berkebudayaan tinggi, yang pindah ke sana dari Anatolia (Turki) sekitar 6000 sebelum masehi.

Manik-manik emas itu beratnya hanya 15 centigram. Ditemukan dua minggu lalu, usai penggalin di sebuah lokasi, tempat metal (tembaga dan emas) digunakan pertama kali.

Lokasi penggalian sejauh ini sekitar 10 dan 12 hektare, dan akan memiliki dinding benteng setinggi 2,8 meter. Ada sekitar 150 patung keramik bergambar burung. Ini mengindikasikan jika warga di lokasi itu menyembah burung. Lokasi ini kemudian dihancurkan oleh suku pendatang yang menginvasi pada 4100 sebelum Maseho.

Manik-manik ini nantinya akan dipajang di Museum sejarah.  Pazardzhik. Tentunya setelah dianalisis secara mendalam dan usianya diketahui.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP