TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS

Aplikasi itu dapat dimanfaatkan juga untuk kondisi darurat lain.
Aplikasi Antibegal Bikinan Mahasiswa ITS
Alvin Rahman, seorang dari anggota tim pengembang aplikasi Partmaps, ditemui di kampusnya di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya pada Rabu, 10 Agustus 2016. (VIVA.co.id/Januar Adi Sagita)
VIVA.co.id - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya resah dengan maraknya tindak kejahatan di jalanan, seperti begal sepeda motor, terutama di kota-kota besar. Mereka merancang sebuah aplikasi berbasis ponsel pintar (smartphone) yang diklaim dapat mencegah atau menghindari ancaman begal.

Aplikasi berbasis sistem operasi Android itu dinamai Partmaps. Mekanisme kerjanya cukup sederhana, yakni pengguna dapat menekan tombol ancaman (threat button), yang mengirim otomatis pesan kepada pengguna lain tentang lokasi pengguna yang merasa terancam.

Aplikasi itu akan memberitahukan kepada pengguna yang berada di lokasi terdekat yang dapat memberikan pertolongan atau melaporkan kepada polisi. Aplikasi juga dapat menunjukkan siapa saja yang akan menolongnya.

“Kalau sudah aman, pengirimnya juga harus mengirimkan tombol aman yang ada pada aplikasi itu,” kata Alvin Rahman, seorang dari anggota tim pengembang aplikasi Partmaps, ditemui di kampusnya di Surabaya pada Rabu, 10 Agustus 2016.

Aplikasi itu, kata Alvin, jauh lebih efisien dan efektif jika dibandingkan pesan singkat semacam SMS atau aplikasi percakapan sejenis. Selain bisa digunakan untuk mengantisipasi tindak kejahatan, aplikasi itu juga bermanfaat untuk kondisi darurat lain, misal, ban bocor dan kecelakaan.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP