TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Xiaomi Redmi Note 3, Layar Besar Buatan 'Apple' dari Timur

Berukuran layar 5,5 inci dengan prosesor Octa Core Mediatek
Xiaomi Redmi Note 3, Layar Besar Buatan 'Apple' dari Timur
peluncuran resmi xiaomi redmi note 3 (REUTERS/Bobby Yip)

VIVA.co.id – Nama besar Xiaomi memang sudah tidak diragukan lagi sebagai produsen ponsel dengan fitur lumayan dan harga terjangkau. Bahkan banyak orang yang terang-terangan mengaitkan Xiaomi dengan Apple dan menyebutnya Apple dari Timur.

Produsen asal China ini terus menggeber pasar dengan varian produk yang cukup mengena di hati masyarakat luas. Salah satunya adalah Xiaomi Redmi Note 3. Ponsel dengan lebar layar 5,5 inci ini dipasaran Indonesia dijual dengan harga kurang dari Rp2 juta.

Layar besar dan harga terjangkau membuat Xiaomi Redmi Note sebagai ponsel termurah yang ada di kelasnya. Padahal dari sisi desain, Xiaomi Redmi Note telah menggunakan bodi berbalut metal, ditambah dengan fitur pemindai sidik jari, layar berteknologi IPS dan prosesor Octa Core Mediatek Helio X10.

Desain Redmi Note sebelumnya, Redmi Note 2, dipenuhi dengan plastik. Namun Redmi Note 3 memiliki desain bodi metal, membuatnya sedikit agak berat. Memang tidak semua berbalut metal, di bagian samping masih ada senyawa plastik. Namun begitu, bodi belakang cukup kuat untuk menahan goresan dari gesekan benda lain. Ditambah sisi cekungya yang membuat Redmi Note 3 lebih nyaman untuk digenggam.

Di bagian sisi kanan ada tombol kendali volume. Di bagian belakang ponsel ada lubang khusus untuk pemindai sidik jari, tepat di bawah kamera yang memiliki resolusi 13 megapiksel. Lokasi pemindai sidik jari ini sama dengan yang digunakan LG untuk Nexus 5X dan LG G5. Mungkin agak sedikit kejauhan untuk diraih dengan ibu jari.

Di sisi atas terdapat socket headphone 3,5mm dan sebuah IR blaster. Ini merupakan hal yang umum di ponsel untuk pasar China karena bisa digunakan sebagai sensor yang dikaitkan dengan perangkat lain. Sedangkan di bagian bawah ada port micro-USB, data dan charger yang diletakkan di sebelah microphone.

Layar dengan 403 ppi

Dengan ukuran layar 5,5 inci, Xiaomi Redmi Note 3 bisa disebut sebagai phablet (ponsel tablet). Layar berteknologi IPS itu memiliki resolusi 1920x1080. Sangat tajam untuk ukuran ponsel berharga di bawah Rp2 jutaan. Dengan resolusi sebesar itu kerapatan warnanya mencapai 403 pixel per inch (ppi).

Tak perlu takut pecah karena layar Xiaomi Redmi Note 3 dilindungi teknologi Corning Gorilla Glass.

Resolusi dan ukuran tersebut dijamin akan membuat tampilan gambar di ponsel terlihat cukup berkualitas. Sejatinya ada beberapa versi yang ditawarkan Redmi Note 3, yakni prosesor MediaTek Helio X10 dan prosesor Qualcomm Snapdragon 650. Ukuran storage-nya pun berbeda, yakni RAM 2GB dengan storage 16GB, dan RAM 3GB dengan verso 32GB.

Kebanyakan yang dijual di pasaran Indonesia, dengan harga di bawah Rp2 juta, memiliki RAM 2GB dengan storage 16GB.

Kamera yang mumpuni

Di bagian belakang terdapat kamera utama dengan resolusi 13 megapiksel. Cukup besar untuk ukuran ponsel seharga di bawah Rp2 juta. Apalagi dilengkapi dengan flash dual-LED, aperture f/2.2. Kamera tersebut memiliki hasil tangkapan gambar yang cukup baik. Namun foto yang diambil saat keadaan kurang cahaya menghasilkan gambar yang tidak terlalu terang, meski telah dibantu dengan dual LED flash. Namun jika obyek gambar berjarak kurang dari satu meter, hasilnya masih cukup baik.

Tangkapan video juga cukup baik, dengan 1080p menghasilkan video 30fps. Untuk penggemar selfie, bisa menggunakan kamera dengan resolusi 5 megapiksel. Dalam mempercantik hasil gambar dan video, Xiaomi telah menyematkan beberapa aplikasi kamera bawaan di Redmi Note 3.

Yang menarik, daya tahan baterai Xiaomi Redmi Note 3 cukup lama. Ini berkat adanya baterai berkapasitas 4.000 mAh. Setidaknya perangkat tersebut bisa bertahan lebih dari 24 jam untuk pemakaian aktif.

Uji coba dengan Geekbench 3, dengan performance mode, menunjukkan rating multi-core Redmi Note 3 sebesar 4,658 melebihi nilai yang diraih Samsung Galaxy S6 yang hanya memiliki skor 4.108. Namun Geekbench menempatkannya setara dengan Nexus 5 dalam hal performa.

Sejatinya Redmi Note 3 memiliki jaringan 4G, namun di Indonesia Xiaomi terkendala Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sehingga layanan 4G Redmi Note 3 harus diblok dan tidak dapat digunakan. Sebagai gantinya, Redmi Note 3 bisa digunakan dengan jaringan 3G.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP