TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Baca Buku Bisa Bikin Panjang Umur?

Orang yang membaca buku rata-rata hidup dua tahun lebih lama
Baca Buku Bisa Bikin Panjang Umur?
Membaca buku secara digital atau eBook (REUTERS/Lucas Jackson)

VIVA.co.id – Sebuah studi menunjukkan orang yang membaca buku bisa hidup dua tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak. Para peneliti menemukan hasil ini menggunakan data dari 3.635 orang.

Dari tiga ribuan orang tersebut, semua berusia di atas 50 tahun. Mereka diklaim telah melakukan aktivitas membaca sepanjang hidupnya.

"Mereka yang membaca lebih dari 3,5 jam per minggu memiliki kesempatan 17 persen dalam 12 tahun ke depan. Sedangkan mereka yang membaca lebih lama dari itu, sekitar 23 persen lebih lama kematiannya ketimbang yang sebelumnya," ujar Becca R. Levy, Profesor Epidemiology di Yale University.

Menurut Levy, yang dilansir The Independent, secara rata-rata, para responden yang membaca buku memiliki usia dua tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak membaca sama sekali. Sayangnya, tidak terlalu dijelaskan dalam tulisan Levy, mengapa hal itu bisa terjadi.

Namun begitu, sebelumnya ada juga beberapa penelitian yang menyangkutpautkan aktivitas membaca buku dengan beberapa aspek dalam hidup seseorang. Mulai dari kesejahteraan ekonomi, kehidupan keluarganya, sampai kesehatan mental.

Studi dari Prison Reform Trust pada 2008 menunjukkan jika 48 persen dari napi di Inggris memiliki minat baca yang rendah. Hal ini kemudian disangkutpautkan dengan tindakan mereka yang berbuah kriminal dan kurang berpendidikan.

Studi lainnya juga menemukan jika seorang anak yang memiliki minat baca yang tinggi sejak kecil akan menjadi orang yang mampu menghasilkan uang banyak saat dewasa nanti. Ketimbang anak yang tidak suka membaca buku.

"Dengan demikian kami bisa mengatakan jika buku, seperti halnya berlian, sifatnya awet dan abadi," ujar peneliti lain dalam studi ini, Guglielmo Wilber.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP