TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Apa Kabar Balon Internet Google untuk Indonesia?

Tim Google sedang urus izin penerbangan balon di Kemenhub.
Apa Kabar Balon Internet Google untuk Indonesia?
Menkominfo Rudi Antara berbincang dengan Vice President Project Loon Google Mike Cassidy usai penandatanganan kerja sama akses internet di Kantor Google X Mountain View, Amerika Serikat (28/10/2015). (Antara/Yudhi Mahatma)

VIVA.co.id - Google telah menyepakati kerja sama pemanfaatan teknologi Project Loon dengan tiga operator telekomunikasi yakni Telkomsel, XL, dan Indosat Ooredoo pada tahun lalu. Lama tak terdengar, bagaimana perkembangan teknologi balon internet itu di Indonesia?

Ketiga operator telekomunikasi dengan Google satu suara agar Project Loon atau balon internet Google, bisa dilakukan pengujian terbangnya tahun ini. Menteri Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) Rudiantara menginginkan kerja sama itu ada wujud konkretnya. Dalam kesepakatan operator dan Google di Kantor Google, Mountain View, Amerika Serikat, pada tahun lalu, Rudiantara turut menyaksikan penandatanganan kerja sama itu.

"Saya berharap terealisasi, kan itu uji coba. TV digital saja sudah. Kita harus terbuka pada teknologi terbaru, duduk bersama, pada akhirnya benefitnya bisa dirasakan oleh masyarakat," ucap Rudiantara usai menghadiri acara Google for Indonesia di Ballroom, Ritz Carlton, Kawasan SCBD, Jakarta, Selasa, 9 Agustus 2016.

Rudiantara mengaku, saat ini belum mendapatkan perkembangan terbaru soal implementasi balon internet ala Google itu bisa mengangkasa di langit Nusantara. Sebab, proses tersebut dilakukan oleh tim Google.

"Saya belum dapat update, kalau dari sisi Kominfo sih bicara sama operator, untuk pembagian lokasi-lokasinya, untuk Telkomsel sebelah mana, XL sebelah mana, dan Indosat sebelah mana," ucapnya.

Kabar terakhir yang didapatkan oleh Rudiantara, yaitu tim Google tengah merampungkan semua lisensi yang diajukan oleh pemerintah, terutama soal izin penerbangan di Kementerian Perhubungan.

"Perkembangan terakhir, tim dari Google sedang mengurus izin-izin, salah satunya izin lintas udara di Kementerian Perhubungan," kata Rudiantara.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP