Tips Hemat Data Saat Bermain Pokemon Go

Ilustrasi/Permainan Pokemon
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Akhir pekan kemarin, game Pokemon Go rilis secara resmi di 15 negara Asia, termasuk Indonesia. Permainan konsep Augmented Reality itu bisa diunduh melalui Play Store dan App Store.

Kehadiran Pokemon Go juga perlu memperhatikan dari sisi penggunaan paket data oleh pengguna. Sebab, tak disadari, ratusan megabyte telah digunakan pengguna untuk bermain game ini. Riset Opera Max yang telah mencoba bermain Pokemon Go dan menghabiskan data sebesar 600 megabyte dalam 28 hari.

Dalam rilisnya, Selasa, 9 Agustus 2016, Opera Max memberi tips ampuh agar pengguna menghemat data dalam bermain Pokemon Go.

1. Pantau konsumsi data real-time Pokemon Go

3.500 Peserta Ramaikan Pokemon Run 2024 di Bali, Lari Ditemani Pikachu yang Gemes

Opera Max mengaku pada platform-nya, pengguna bisa mendapatkan informasi langsung ketika bermain Pokemon Go. Begitu juga dengan aplikasi yang terpasang di smartphone pengguna.

Untuk mengetahui berapa banyak data yang Anda gunakan pada Pokemon Go, tekan ikon Pokemon Go pada timeline Opera Max. Di sini Anda akan melihat berapa banyak data yang digunakan ketika Anda berburu Pokemon, dan melihat kembali berapa banyak konsumsi data Anda setiap hari dengan mengklik 'hari ini'.

Jika Anda tekan ikon ringkasan, Opera Max juga akan menunjukkan berapa banyak penggunaan data yang terjadi di latar depan, serta latar belakang dan berapa banyak data yang telah Anda hemat.

2. Batasi penggunaan data latar belakang

Setidaknya, 30 persen semua penggunaan paket data terbuang di latar belakang (background data) yang tak lain merupakan semua lalu lintas internet yang terjadi saat Anda tidak benar-benar menggunakan aplikasi, sinkronisasi email, ataupun pemberitahuan push.

Untuk hal ini, Opera Max memiliki fitur peringatan cerdas untuk memberitahu Anda ketika sebuah aplikasi mengkonsumsi sejumlah besar data. Sehingga Anda dapat memilih untuk memblokir aplikasi tersebut menggunakan paket data Anda atau membatasinya untuk Wi-Fi saja. Hal ini tentunya akan banyak sekali menghemat data.

Selain itu, langkah ini juga akan membantu Anda untuk optimalisasi penggunaan paket data dan bermain Pokemon Go ketika Anda berada di luar jangkauan Wi-Fi gratis.

3. Hemat data video

Kemeriahan Pokemon Run 2024 di Bali Sedot Animo 3.500 Peserta

Video online mengkonsumsi lebih dari 50 persen dari penggunaan paket data selular Anda, dan data yang berharga ini sebetulnya dapat Anda gunakan untuk Pokemon Go. Opera Max dapat mengecilkan ukuran data video hingga 50 persen dari ukuran aslinya untuk aplikasi video populer online.

Dengan kata lain, jika Anda menggunakan Opera Max, Anda mengkonsumsi lebih sedikit data ketika menonton video di YouTube, Netflix dan aplikasi Instagram aplikasi. Jika Anda melakukan ini, artinya Anda akan memiliki tambahan jumlah paket data untuk bermain Pokemon Go. (ase)

Karakter Mew dari Pokemon.

Di Thailand Mahal, Muncul Surat Terbuka Minta Karakter Mew Pokemon Dihadirkan di Indonesia

Pokemon telah menjadi bagian dari budaya populer selama lebih dari 20 tahun di berbagai wilayah dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika penggemarnya sangat besar.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024