TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Paus Pembunuh Lebih Tua dari Kapal Titanic Muncul Lagi

Paus orca itu muncul di lepas pantai Washington pada 27 Juli.
Paus Pembunuh Lebih Tua dari Kapal Titanic Muncul Lagi
Paus orca yang lebih tua dari kapal Titanic (www.charlotteobserver.com)
VIVA.co.id - Ikan paus jenis orca tertua tak diduga menampakkan diri pada akhir Juli lalu.

Ikan paus jenis orca, yang berusia 105 tahun itu, muncul kembali di lepas pantai Washington, Amerika Serikat dan membuat para pengamat ikan paus heran. Mereka menduga ikan paus tersebut berusia maksimal 90 tahunan saja.

Paus orca punya ciri khusus yaitu bergigi besar dengan tanda hitam dan putih khas dan sirip punggung yang menonjol. Ikan paus jenis ini hidup berkelompok yang kooperatif dalam berburu ikan, anjing laut dan penguin.

Dikutip dari SFgate, Senin 8 Agustus 2016, ikan paus yang punya nama Granny itu muncul pada 27 Juli bersama dengan beberapa paus lainnya.

Menurut laporan saksi yang mengamati kemunculan paus tersebut, paus orca tampak 'sangat bersemangat'.

Direktur Eksekutif Pacific Whale Watch Association, Michael Harris mengatakan, paus Granny pertama kali terlihat pada 1971 dan saat itu ilmuwan memperkirakan usia paus Granny 60 tahun. Orca Network mengatakan soal usianya, ada kemungkinan margin error 12 tahun, artinya paus betina itu bisa lebih berusia 90 tahun. Paus orca tersebut bisa melebihi usia puas orca liar yang hidup antara 60 sampai 80 tahun.

Perkiraan usia itu memang saat pertama kali terlihat memang diperdebatkan.

Dikutip dari Charlotte observer, mengutip laporan KIRO-7-TV, paus tersebut diyakini lahir pada 1911, dan merupakan paus orca tertua yang pernah hidup. Paus ini juga dikenal sebagai paus pembunuh.

Dalam sepanjang hidupnya, paus orca ini hidup di perairan Washington dan Kanada.

Jika menilik usianya yang dilahirkan pada 1911, berarti Charlotte observer menuliskan, paus ini telah menjelajahi lautan, sebelum kapal legendaris, Titanic berlayar. Menurut catatan sejarah, kapal Titanic berlayar pada 12 April 1912.

Dengan demikian, paus orca itu juga dalam hidupnya melalui dua perang dunia yang terjadi pada Perang Dunia I yang terjadi pada 1914 dan Perang Dunia II yang dimulai 1939.
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP