Direstui, 8 Agustus Sebagai Hari Game Indonesia

Ilustrasi gamer.
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id - Asosisasi Game Indonesia (AGI) menetapkan 8 Agustus sebagai Hari Game Indonesia (Hargai). Penetapan itu merupakan wadah pelaku industri game, gamers, hingga masyarakat di Indonesia untuk turut mendukung dan mendorong industri game ke arah yang lebih positif.

Sejumlah instansi pemerintahan mendukung penetapan hari tersebut. Kementerian Komunikasi dan Informatika Kementerian Perindustrian?, Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), sampai Google Play menyambut penetapan hari game itu. Hargai merangkul semua industri game di Tanah Air, mulai dari pengembang, penerbit, solusi pembayaran, boardgame, dan media.

Pada pernyataannya, telah merestui keberadaan Hari Game Indonesia ini. Dukungan itu, menunjukkan cara pemerintah dalam keberpihakan kepada pelaku industri game agar merasa menjadi tuan rumah di negara sendiri.

Dalam empat tahun ke depan, industri game di Indonesia ditargetkan dapat meraih pangsa pasar lokal setidaknya sebesar 50 persen.

"Melalui Hari Game Indonesia, AGI ingin mengajak seluruh elemen seluruh masyarakat untuk bersama-sama memberikan penghargaan kepada seluruh masyarakat Indonesia, yang selama ini mendukung industri game di negara sendiri,"? ujar AGI dalam siaran persnya, Senin, 8 Agustus 2016.

Disebutkan, dalam memeriah perayaan tersebut, berbagai promo produk, game, voucher, in app purchase, dan lainnya bisa dinikmati gamers. Google Play memberikan kejutan di Play Store dengan menampilkan berbagai game mobile pilihan Tim Google.

Pengembang game lokal yang berpartisipasi di Hari Game Indonesia, meliputi Agate Studio, ATV Production, Gleo Games, Toge Productions, Altermyth, Cumaceban, Gambreng Games, Aji Mumpung, Game5mobile, Alkemis, Artoncode, Digital Happines, GameLevelOne.

Kemudian, Gundu Production, Ozysoft, Tebak Gambar, Tinker Games, Cucunguk, Pure Nature Studio, Veter Slyph, Falkana Studio, Own Games Tahu Bulat, Guild Entertainment, dan Educa Studio.

Sementara itu, penerbit game (publisher) Indonesia yang terlibat, Lyto, Megaxus, Kreon Gemscool, Orange Game, Garena Indonesia, Dunia Gamers memberikan online event dan tawaran promo game dengan diskon sampai 90 persen.

 

Misi Besar Industri Game Nasional
Ilustrasi video game.

Begini Cara Kuasai Industri Game Dalam Negeri

Perlu pembenahan ekosistem industri game dalam negeri

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016