TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen

Oppo di posisi empat, Xiaomi merangsek masuk kembali
Kuartal II 2016, Penjualan Ponsel Hanya Naik 1 Persen
Samsung vs Apple (REUTERS / Dado Ruvic )

VIVA.co.id - Penjualan ponsel secara global semakin hari semakin melambat. Di kuartal kedua tahun ini saja kenaikannya hanya satu persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Ini diungkap melalui laporan Strategy Analytics, dilansir dari Cellular News, Senin, 8 Agustus 2016. Menurut perusahaan penelitian itu, pengapalan smartphone di kuartal tahun ini hanya 340,4 juta unit. Angka ini hanya naik sedikit dibanding 2015 yang mencapai 338 juta unit.

"Pertumbuhan smartphone semakin melambat tahun ini karena di beberapa pasar negara berkembang, penetrasinya sudah mulai jenuh. Terutama di negara dengan penduduk yang banyak seperti China. Belum lagi beberapa negara yang memiliki isu politik penting, seperti Eropa yang dilanda Brexit," ujar Linda Sui, Direktur Strategy Analytics.

Namun begitu, kata Sui, ada tanda-tanda pasar smartphone global akan sedikit keluar dari titik terjenuhnya pada paruh pertama 2016 nanti. Hal ini dikarenakan beberapa merek ternama yang akan meluncurkan produk andalannya, seperti Samsung dan Apple.

Ditambahkan Neil Mawston, Direktur Eksekutif Strategy Analytics, Samsung berhasil menguasai 23 persen pangsa pasar di kuartal ini. Naik dua persen di banding setahun lalu yang hanya 21 persen. Jumlah pengapalan smartphonenya pun naik delapan persen, dari 71,9 juta unit menjadi 77,6 juta unit.

Pesaing Samsung, Apple harus rela dengan pangsa pasar hanya 12 persen. Bahkan jumlah smartphone yang dikapalkan pun hanya 40,4 juta unit di seluruh dunia pada kuartal kedua ini.

"Huawei berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 9 persen. Sama dengan tahun lalu. Sedangkan Oppo menguntit Huawei dan siap mengambil tahtanya, dengan pangsa pasar 5 persen atau sekitar 18 juta unit. Pertumbuhan pasar Huawei dari tahun ke tahun sekitar 52 persen, sedangkan Oppo tumbuh sampai 137 persen tiap tahunnya," ujar Sui.

Di posisi ke-5 ada Xiaomi yang masuk kembali ke urutan lima besar setelah sempat dikalahkan Vivo. Pangsa pasar Xiaomi hanya empat persen di kuartal kedua 2016.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP