Lapan Beri Tips Lihat Fenomena Langka di Langit Besok

Ilustrasi planet luar tata surya.
Sumber :
  • http://www.isains.com/

VIVA.co.id - Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Abdurahman mengatakan, planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus dapat terlihat di langit setelah matahari terbenam, Sabtu 6 Agustus besok.

7 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Tahun 2020

Masyarakat Indonesia dapat melihat keindahan tata surya ini dengan syarat mematikan lampu rumah dari pukul 20.00 sampai dengan 21.00 WIB.

"Kalau langitnya cerah, kita bisa melihat planet secara kasat mata. Ciri-cirinya nanti, terlihat warna merah itu Mars, sedangkan yang lainnya berwarna putih. Tapi, Saturnus dan Jupiter lebih terang dari yang lainnya," ujar Abdulrahman, Jumat 5 Agustus 2016.

3 Cara Lihat Planet Jupiter dan Saturnus, Enggak Pakai Alat Ribet

Abdul menilai, planet-planet itu diprediksi muncul dalam waktu lebih lama dibandingkan fase gerhana. Karena itu, dipastikan para pengamat terpuaskan dengan warna-warna yang muncul di langit.

"Tapi, untuk Venus dan Merkurius tidak akan lama, akan cepat terbenam. Kalau tiga planet lainnya, durasinya cukup lama. Jadi, kalau mau lihat lima planet sekaligus, bisa keluar rumah dari pukul 18:30 WIB," katanya.

Quadrantid, Hujan Meteor Besar di 2019, Begini Cara Melihatnya

Abdul menjelaskan, kemunculan sejumlah planet ini merupakan fenomena langit yang istimewa. Karena itu, untuk memperingati hari keantariksaan yang jatuh Sabtu 6 Agustus 2016, Lapan mengajak masyarakat untuk menikmati fenomena jarang ini.

"Ini peristiwa umum. Hanya saja, ada ajakan untuk memperingati hari keantariksaan. Bersama-sama menikmati langit malam," ujarnya.

Abdul menambahkan, untuk bisa menikmati langit secara jelas, masyarakat disarankan untuk mematikan lampu secara serentak.

"Ini kesempatan untuk melihat langit. Kalau imbauan mematikan lampu-lampu di luar diikuti masyarakat, langit akan terlihat lebih jelas. Dengan lampu yang dipadamkan, tidak akan ada polusi cahaya, sehingga akan lebih bagus," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya