TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan

Mereka mengklaim telah mendapatan izin dari pemerintah federal.
2017, Moon Express Buka Perjalanan Wisata ke Bulan
Dokumen misi pendaratan AS di bulan (www.theindependent.co.uk)

VIVA.co.id - Perusahaan swasta di Amerika mengklaim akan mulai membuka perjalanan wisata ke Bulan tahun depan. Mereka mengklaim telah mendapatkan izin dari regulator di negara itu.

Dilansir melalui Mental Floss, perusahaan yang berbasis di Florida, Moon Express memastikan adanya perjalanan wisata pada 2017. Tahap awal akan diwarnai dengan peluncuran robot pesawat luar angkasa di pertengahan tahun depan.

Moon Express mengklaim, mereka telah mendapatkan persetujuan dari pemerintahan federal Amerika untuk menempatkan robot pesawat luar angkasa itu di permukaan bulan.

Pencapaian manusia untuk menginjakkan kaki di bulan telah terjadi 44 tahun lalu namun hingga kini belum ada lagi pencapaian berarti yang melampaui itu. Misi ini nantinya akan menjadi pertama dalam sejarah pesawat luar angkasa komersil yang bisa membawa wisatawan pulang balik ke bulan.

Sebelum mendaratkan robot pesawat itu, Moon Express masih memiliki pekerjaan rumah untuk membangun dan menguji coba roket peluncur.

Bahkan jika misi ini berhasil, dan tidak ada yang mengalahkan Moon Express, perusahaan bidang luar angkasa itu akan berhak atas hadiah Google Lunar X Prize. Sayembara itu merupakan program Google dalam mencari kendaraan komersial pertama yang mampu mendarat di permukaan bulan.

Hadiah total sebesar US$20 juta akan didapatkan Moon Express jika mereka mampu mendaratkan kendaraan komersil dan menggerakkan kendaraan itu, setidaknya dalam jarak 500 meter di permukaan bulan. Selain itu Moon Express juga harus bisa membuat kendaraan itu mengirimkan gambar dan mentransmisikan video high-definition dari bulan ke bumi.

Sepertinya, Moon Express tidak hanya tertarik pada uang sayembara Google tapi juga sumber daya alam yan ada di bulan. Seperti diketahui, bulan memiliki beberapa sumber daya alam seperti titanium dan platinum.

(mus)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP