Ponsel Pintar

Nokia E Series Diperkirakan Turun Harga

VIVAnews - Kehadiran BlackBerry Gemini tinggal menunggu waktu. Begitu service center BlackBerry diresmikan oleh Research In Motion di Tanah Air, sertifikat Gemini dijanjikan akan diterbitkan oleh regulator.

Seperti disiarkan VIVAnews sebelumnya, BlackBerry Gemini merupakan versi terjangkaunya Bold atau Javelin. Diketahui Gemini tidak memiliki akses 3G, kualitas kamera pas-pasan, keypad lebih keras, dan tidak memakai trackball melainkan touchpad layaknya laptop. Di Indonesia, rumor beredar harganya seputar 2,5 hingga 3,5 juta per unitnya.

Menanggapi hal ini, Harry Hartono, CEO PT Parastar Echorindo, salah satu distributor resmi Nokia Indonesia, memperkirakan akan adanya penurunan harga untuk ponsel bisnis Nokia (ESeries). “Mungkin akan terpengaruh, tapi saya tidak tahu seberapa besar pengaruhnya terhadap harga handset Nokia,” kata Harry.

Namun demikian, menurut Harry, jika BlackBerry Gemini laku keras di pasar Indonesia, harga Nokia di pasar pun akan otomatis turun. “Kalau memang laku, pasar pasti bergejolak. Itu memang sudah hukumnya,” ucapnya.

Bila harga handset tidak turun, kata Harry, Nokia bisa ambil langkah dengan menambah service atau memperbanyak konten (value-added service) bagi pengguna.

Solusi lainnya, bisa juga dengan program bundling bersama operator selular. Dengan bundling, diharapkan harga yang relatif lebih murah mampu menstabilkan penjualan handset.

“Dalam waktu dekat memang ada bundling handset Nokia dan operator. Seri N97, saat ini sedang didiskusikan dengan salah satu operator selular. Bentuknya saya belum tahu, mungkin bisa gratis internet dengan quota tertentu, atau apa lah,” ucap Harry.

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka
Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024