TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Teka-teki Aneh Bunga Bangkai di AS Jadi Perhatian

Bunga bangkai mekar secara bersamaan.
Teka-teki Aneh Bunga Bangkai di AS Jadi Perhatian
Bunga bangkai di AS yang mekar pada 2013 (REUTERS/Larry Downing)

VIVA.co.id - Keanehan terjadi pada bunga bangkai yang tumbuh di Amerika Serikat. Keanehan yang disoroti para ahli botani di Negeri Paman Sam yaitu bunga bangkai mekar secara bersamaam pada tahun ini.

Fenomena itu terbilang langka. Sebab selama ini saja, mekarnya bunga bernama ilmiah Amorphophallus titanium itu juga tergolong langka, yakni mekar setiap enam tahun sekali. Terus, mengapa pada tahun ini beberapa bunga bangkai di AS mekar bersamaan.

Dikutip dari Science Alert, Rabu 3 Agustus 2016, fenomena itu bahkan dilabeli super aneh. Sebab pada tahun ini di tanah AS, tercatat setidaknya tujuh bunga bangkai telah mekar.

Bunga bangkai memang menjadi perhatian ahli botani, sebab bunga bangkai menarik hewan penyerbuk bunga dengan bau yang tak sedap. Bunga bangkai yang tingginya bisa mencapai 1,8 meter itu menarik serangga penyerbuk dengan bau seperti daging busuk. Berbeda dengan bunga pada umumnya yang menarik hewan penerbuk dengan bau harum.

Ahli botani menunjukkan bau busuk yang ditimbulkan bunga bangkai memang membantu menarik serangga dan hewan penyerbuk. Diketahui serangga dan hewan penyerbuk juga tertarik dengan bau bahan yang busuk. Maka begitu datang ke bunga bangkai, serangga itu akan menyerbuk serbuk sari pada bunga.

Menurut catatan sejarah, bunga bangkai pertama kali yang diketahui mekar melalui proses budidaya terjadi di London, Inggris pada 1889. Menurut laporan Altasobscura, Sejak 1889 sampai 2008, sejauh ini hanya 157 kasus bunga bangkati yang mekar melalui budidaya.

Sementara pada tahun ini berbeda dan aneh. Kasus mekarnya tujuh bunga bangkai di AS diniai sebuah penyimpangan atau anomali dari siklus pemekaran bunga yang asalnya dari bagian di Sumatera Barat tersebut.

Dampak rumah kaca?

Terkait fenomena aneh bunga bangkai itu, salah satu hipotesa yang disampaikan ahli botani yaitu efek rumah kaca di AS dan kebun raya di AS berbagi benih satu sama lainnya. Dengan kondisi itu, menjadikan bunga tersebut bisa mekar secara bersamaan.

Tapi ada yang membantah hipotesa tersebut, efek rumah kaca belum pasti menjadi sebab awal pembenihan bunga bangkai itu. Dengan kata lain, hipotesa itu diangga lemah.

Hipotesa lain yaitu saat ini bunga bangkai sudah makin populer di kebun raya di AS dibanding waktu sebelumnya.

Fenomena mekar bunga bangkai bersamaam itu menarik perhatian publik AS. Laman CBS News, melaporkan pengunjung kebun raya di Washington DC antre berbaris menunggu lebih dari satu jam demi melihat mekarnya bunga bangkai. Bunga bangkai di kebun raya Washington DC dilaporkan mekar setelah 10 tahun tumbuh.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP