TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

VIDEO: Intip Tampilan Pertama Galaxy Note 7

Galaxy Note 7 nyaris sama dengan seri S7
VIDEO: Intip Tampilan Pertama Galaxy Note 7
Samsung Galaxy Note 7 (www.theverge.com)

VIVA.co.id - Semalam, Samsung meluncurkan produk lini Galaxy terbarunya, Galaxy Note 7.

Sebagaimana tradisi Samsung selama bertahun-tahun merilis lini Note, perusahaan Korea Selatan itu selalu memberikan sentuhan yang berbeda.

Dikutip dari The Verge, Rabu 3 Agustus 2016, dari sisi tampilan sekilas, desain Galaxy Note 7 nyaris tak bisa dibedakan dengan Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Fitur yang diusung pun nyaris sama.

Note 7 hadir dengan prosesor yang sama dengan seri S7 dan S7 Edge, yaitu dibenamkan Snapdrogon 820 untuk pasar Amerika Utara, China dan Jepang. Sedangkan untuk pasar lainnya, Note 7 akan dibekali dengan prosesor Exynos.

Untuk RAM, Samsung menghadirkan 4 GB RAM pada Note 7 sama dengan S7 dan S7 Edge. Tapi Note 7 hadir dengan penyimpanan internal 64 GB, sedangkan pada seri S7 hadir dengan 32 GB penyimpanan interal.

Begitu juga dengan fitur lainnya, seperti pengisi daya nirkabel dan konvesional, kamera 12 MP dengan bukaan lensa 1,7 sampai stabiliasi optik yang sama dengan seri S7.

Kesamaan lain juga bisa dilihat dari layarnya. Note 7 hadir dengan layar Super AMOLED dual curve dengan resolusi quad HD (2560x1440 piksel).

Diketahui layar kualitas quad HD merupakan yang pertama dalam seri Note. Samsung mengatakan dibanding dengan pendahulunya, Note 5, Note 7 lebih tipis 2,2 milimeter meski dengan bentang layar yang sama. 

Samsung melapisi Note 7 dengan fitur tahan dengan air karena mengantongi sertifikat IP68 dan telah mendukung microSD. Dua fitur itu merupakan sentuhan baru pada Note 7, yang membedakan dengan versi Note pendahulunya. Aksesori 'wajib' pada Note 7, yakni stylus S Pen juga hadir dengan tahan air dan dari sisi sensitivitas tekanan dua kali lebih baik dibanding model stylus S Pen sebelumnya .

Bedanya lagi, dari kapasitas baterai. Pada Note pendahulunya, Note 5 kapasitas baterainya 3 ribu mAh sedangkan pada Note 7 ditingkatkan menjadi 3500 mAh.

Sensor mata

Salah satu yang menonjol pada Note 7 ini adalah adanya pemindai pembuuh darah mata yang mewarnai di tengah tren pemindai sidik jari yang sudah familiar pada perangkat mobile terkini.

Samsung mengatakan pemindai mata lebih aman dibanding dengan pemindai sidik jari. Samsung menunjukkan pemindai mata pada Note 7 bisa dipakai untuk mengunci aplikasi, foto, catatan dan konten lainnya dalam folder yang aman. Pemindai itu juga bisa dipakai untuk memisah sebagian data ponsel. Pemindai mata ini juga bisa dipakai untuk membuka Note 7.

Penggunaan fitur biometrik ini sama dengan yang ada pada Lumia 950 besutan Microspft fan sejumlah laptop berbasis Windows 10.

Note 7 diluncurkan dengan sistem Android Marsmallow dan akan diperbaharuai ke Android terbaru, Nougat.

Samsung mengatakan Note 7 telah tersedia di pasar mulai 19 Agustus dengan bekerja sama empat operator utama. Untuk pemesanan bisa dimulai 3 Agustus.

Soal harga, Samsung mematok harga lebih tinggi dari S7 Edge dan setara dengan Note pendahulu, yakni sekitar US$770 sampai 800 atau Rp10-10,4 juta.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP