TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Anak Madrasah Rebut Medali Emas di Kompetisi Robot Asia

Tim ini terdiri dari kakak beradik.
Anak Madrasah Rebut Medali Emas di Kompetisi Robot Asia
Ocha dan Ave saat menerima hadiah
VIVA.co.id - Tim Indonesia berhasil meraih medali emas lagi di kompetisi robot. Kali ini, kakak beradik yang masih duduk di bangku madrasah itu menjuarai Kompetisi Robot Asia.

Kompetisi robot yang bernama Al-Amin Robotic Challenge, Asian Robotic Championship (ARC) 2016 itu diadakan di Malaysia akhir Juli 2016 lalu. Perhelatan yang dilaksanakan di Kompleks Pusat Pendidikan Al-Amin Berhad, Kuala Lumpur itu menobatkan dua anak madrasah asal Indonesia dalam project robot kreatif.

Dalam keterangan resmi yang diterima Viva.co.id, Selasa, 2 Agustus 2016, Syahrozad Zalfa Nadia (Ocha) yang berusia 10 tahun membentuk tim bersama dengan adiknya Roghid Putra Sidik (Ave) yang masih berusia enam tahun.

Proyek robot kreatif yang dibawa tim ini adalah 'Crane Otomatis Control Remote'. Robot ini diklaim mampu membantu memindahkan barang atau benda besar yang tidak bisa diangkat manusia.

"Selain itu, robot ini juga dapat mempercepat pekerjaan dalam memindahkan barang dan mampu mengurangi kecelakaan kerja. Semua terkontrol secara jarak jauh," kata Ocha.

Total ada empat penghargaan yang diraih Ocha dan Ave dalam pertandingan yang berlangsung selama dua hari itu, mulai 23-24 Juli 2016. Keduanya berhasil meraih dua medali dan dua special award. Gold Prize diraih untuk kategori Super Maze Solving, Lalu medali perunggu untuk kategori Robot Kreatif. Sedangkan dua special award diraih untuk kategori Brick Speed dan Robot Rero.

Sebelumnya, dua kakak beradik ini juga berhasil meraih prestasi dalam Asian Youth Robotic Olympiad (AYRO) 2016 yang digelar di Singapura. Mereka meraih Gold Prize Medal kategori Brick Speed, Gold Prize Medal kategori soccer robotic, Silver Prize Medal kategori Maze Solving Junior, dan Bronze Medal kategori Aerial Robotic Junior.

Selanjutnya Tim Robotik Madrasah Pembangunan UIN Jakarta di bulan Agustus ini juga akan kembali berangkat berkompetisi ke Negeri Gingseng, di Daejon Korea Selatan dalam ajang International Youth Robot Competition (IYRC) 2016. Dalam kompetisi ini Tim mengusung Robot Kreatif Mesin Pembuat Batik dengan menggunakan robot MRT.

Tim robotic dari Madrasah Ibtidaiyah Pembangunan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini sebelumnya juga meraih medali emas dalam ketegori Creative Robotic dan Soccer Robotic,  Spesial Award untuk kategori Brain Mission dan Super Maze Solving pada ajang International Youth Robotic Competition (IYRC) zona Indonesia yang diselenggarakan 5 Juni lalu di Jakarta
KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP