TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi

Pesawat OSIRIS-Rex akan diluncurkan September 2016
NASA Siapkan Pesawat Khusus untuk Asteroid Pengancam Bumi
Ilustrasi asteroid dekati Bumi (Reuters/NASA/JPL-Caltech/Handout)

VIVA.co.id - Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyiapkan peluncuran pesawat khusus untuk menyurvei asteroid pengancam Bumi.

Dalam pantauan para ilmuwan dan astronom, saat ini sudah terdeteksi asteroid yang berpotensi mengancam Bumi di masa depan. Asteroid yang dimaksud itu yakni asteroid Bennu.

Dikutip dari Independent, Senin 1 Agustus 2016, asteroid ini dapat dilihat saat melintas pada orbit Bumi setiap enam tahun sekali. Batu antariksa ini berdiameter 500 meter, sebelumnya diperkirakan menabrak Bumi sekitar tahun 2175-2196.

Dan belakangan, Bennu diperkirakan melintasi antara Bumi dan Bulan dengan kecepatan 63 ribu mil per jam pada 2135.

Untuk itu, pada September 2016, NASA akan meluncurkan OSIRIS-Rex yang akan menyurvei asteroid Bennu dan membawa sampel asteroid tersebut.

"Terbang melintas pada 2135 itu memutar tajam orbit Bennu, dan berpotensi menempatkannya di jalur Bumi pada akhir abad nanti," kata Dante Lauterra, profesor ilmu planet di Universitas Arizona, Amerika Serikat, dikutip dari The Sunday Times.

Dengan posisi tersebut, Lauterra memperkirakan, momen itu bisa menyebabkan bahaya dan ancaman bencana di Bumi.

Lauterra mengatakan, pesawat NASA itu nantinya akan memetakan Bennu dan membawa sampel batu dari Bennu untuk dibawa kembali ke Bumi. Dia mengatakan, informasi ukuran, massa, dan komposisi Bennu akan menjadi data penting dalam pendalaman asteroid di masa depan.

Diperkirakan Osiris-Rex begitu tiba di asteroid Bennu menghabiskan misinya untuk menyurvei komponen kimia, mineral, dan sejarah geologi pada batu antariksa itu. Pesawat NASA itu dijadwalkan akan kembali ke Bumi pada 2023.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP