Luhut Diharapkan Perkuat Kedaulatan Maritim Indonesia

Menkopolhukam Luhut Binsar Panjaitan Sambangi Pimpinan KPK
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Mantan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Purnawirawan Ahmad Sucipto, berharap dengan dilantiknya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan akan memperkuat kedaulatan maritim Indonesia.

Luhut Sindir Banyak Pengamat Kritik Pemerintah, Tapi Tak Pakai Data

Menurutnya, visi Indonesia sebagai poros maritim dunia sebagaimana dalam visi misi nawacita Presiden Joko Widodo akan dapat diwujudkan.

"Harapan kita iya (perkuat kedaulatan), bahwa lepas dari Pak Luhut ini seorang militer, seorang mantan jenderal angkatan darat, tapi kita semua masyarakat maritim nasional mengharapkan Pak Luhut betul-betul bisa memahami mengelaborasikan visi maritim Pak Jokowi," kata Ahmad usai diskusi di Jakarta, Sabtu, 30 Juli 2016.

Menurut Ahmad, dengan bergesernya peran beberapa menteri setelah adanya reshuffle oleh Presiden Joko Widodo diharapkan akan memperkuat visi misi Nawacita. Salah satunya adalah memperkuat visi Indonesia sebagai poros maritim dunia.

"Poros maritim dunia ini harus menjadi rangkaian kegiatan yang nyata membangun, artinya mentransformasi potensi maritim kita menjadi kemampuan," kata Ahmad.

Ia mencontohkan kejadian terkait dengan illegal fishing yang dilakukan oleh kapal penangkap ikan yang berasal dari China beberapa waktu yang lalu. Jangan sampai, kata dia, memanasnya kondisi di laut China Selatan akan menyebabkan kedaulatan Indonesia terganggu.

"Kita tetap akan mempertahankan legalitas kepemilikan dan hak kita kepada wilayah itu, itu yang paling pokok," kata dia. (ase)

Luhut Binsar Pandjaitan di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 22 Oktober 2019

Luhut Hanya Mau Turis Asing 'Kaya' yang Datang ke Indonesia

Untuk pemulihan sektor pariwisata Indonesia dari pandemi COVID-19.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2020