TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

China Ambisi Bikin Internet Rahasia di Antariksa

China bersaing dengan AS untuk menguasai teknologi satelit kuantum
China Ambisi Bikin Internet Rahasia di Antariksa
Salah satu satelit buatan China (Xinhua)

VIVA.co.id - China mengumumkan akan membangun internet orbital di antariksa. Tujuannya yakni memastikan komunikasi antariksa China dengan daratan di Bumi bisa berjalan secara aman dan rahasia.

Dikutip dari The Sun, Kamis 28 Juli 2016, untuk mewujudkan internet super aman di antariksa itu, China saat ini sedang mempersiapkan peluncuran satelit kuantum pertama di dunia.

Satelit itu secara khusus dikembangkan untuk menguji teknologi komunikasi eksperimen. Peneliti China mengatakan, teknologi kuantum di masa depan akan memungkinkan sebuah negara bisa berkomunikasi secara aman dan rahasia sepenuhnya.

Teknologi komunikasi aman ini bekerja dengan menembakkan partikel kecil yang disebut proton disepanjang jalur komunikasi jarak jauh.

Pesan komunikasi yang melalui teknologi ini dapat terkirim dalam konfigurasi tertentu. Tentunya pesan yang dikirim itu susah untuk dibaca dan juga susah untuk diotak-atik. Setiap gangguan dalam pesan komunikasi teknologi ini akan mudah terlacak.

Chaoyang Lu, ahli fisika University of Science and Technology of China mengatakan, jika nanti China berhasil meluncurkan satelit kuantum tersebut, maka akan makin membuka persaingan dengan negara besar di antariksa. Negara yang dimaksud yaitu Rusia, Eropa dan Amerika Serikat.

"Saya pikir pastinya akan menjadi persaingan. Jika satelit kuantum pertama berjalan dengan baik, China pastinya akan meluncurkan banyak lagi," ujar Lu.

Profesor tersebut mengatakan, jejaring 20 satelit kuantum sudah cukup bagi China maupun pesaingnya untuk menghadirkan internet rahasia ke seluruh dunia.

Tapi dalam ambisi tersebut, China tak sendirian. Sebab, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) maupun peneliti di University of Strathclyde, Skotlandia juga sedang bekerja keras menguasau teknologi satelit kuantum.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP