Janji Pemerintah untuk Peneliti Indonesia

Petugas sedang melakukan pengujian terhadap hasil penelitian di BPTP
Sumber :
  • BPTP

VIVA.co.id – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) menyatakan terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dalam rangka inovasi teknologi untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Keren, Peneliti RI Raih Penghargaan Riset Post-Doktoral di Inggris

Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati mengatakan, upaya yang dilakukan antara lain memperbanyak peneliti mendapatkan beasiswa melalui program yang disiapkan pemerintah.  

"Juga ada program lainnya sehingga bukan hanya peneliti dari lembaga penelitian dan perguruan tinggi namun juga peneliti dari instansi memungkinkan untuk memanfaatkan beasiswa," kata Dimyati di Gedung Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta Pusat, Senin 25 Juli 2016.

Kecoak Raksasa dari Laut Dalam Jawa Adalah Spesies Isopoda

Tak hanya itu, Kemenristekdikti juga berupaya meningkatkan sarana dan prasarana riset di seluruh perguruan tinggi dan lembaga penelitian dengan menggandeng berbaga kelompok filantropi.

"Kami berterima kasih kepada Kementerian Keuangan yang menerbitkan peraturan menteri agar peneliti mampu melakukan riset yang tidak dibebani berbagai persyaratan dan pertanggungjawaban administrasi agar bisa fokus mengerjakan dan menghasilkan produk penelitiannya," ujarnya.

Peneliti Muda Indonesia Menelisik Fenomena Biologis di Balik Jam Tidur

Dengan itu ia mengharapkan, para peneliti Indonesia bisa fokus berinovasi demi kemajuan bangsa. Perguruan tinggi di Indonesia juga diharapkan bisa memanfaatkan hasil riset yang sudah ada.

"Kemenristekdikti memberi insentif kepada peneliti sebagai dorongan agar terus produktif. Salah satunya adalah memberikan penghargaan bagi peneliti yang melakukan publikasi nasional," katanya.

Laporan: Yunisa Herawati

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya