Dicari Pengusaha Muda Kreatif untuk Bersaing di Pasar Global

CEO Blibli, Kusumo Martanto
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Dalam era persaingan seperti saat ini, produk lokal dinilai masih kalah saing dari produk yang berasal dari luar negeri. Padahal, dari sisi kualitas tak kalah, namun dari promosi masih terbatas.

5 Cara Ngeles dari Penjahat Siber, Nomor Terakhir Selalu Dianggap Enteng

Chief Executive Officer (CEO) Blibli.com, Kusumo Martanto mengatakan, generasi muda Indonesia telah melahirkan banyak kreasi, namun untuk promosinya hanya sebatas lingkungan terdekat dengan mengandalkan media sosial.

"Blibli melihat ini sebuah tren untuk memperdayakan para pengusaha kreatif ini dengan memberikan dukungan agar mereka bisa semakin maju dan produk mereka bisa dipasarkan lebih luas lagi," ujar Kusomo di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin 25 Juli 2016.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Untuk itu, Blibli menjalin kerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) meluncurkan The Big Start Indonesia, yakni merupakan kompetisi web series digital pertama pada pencarian pengusaha kreatif lokal yang kreatif, inovatif, dan unik serta memproduksi karya mereka sendiri dan dipasarkan.

"Launching platform ini agar produk tak hanya (berhasil) di Indonesia tapi secara global juga. Pengusaha kreatif itu dimulai dengan mental, di mana melihat sesuatu, menyiasati sesuatu, mencari solusi, berbeda, dan jadi produk. Dan, pengusaha muda memiliki itu semua," ucap Kusumo.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Pencarian pengusaha kreatif yang dibantu oleh Blibli dan Bekraf ini dibuka sejak Juni hingga 10 Agustus 2016. Para pengusaha kreatif yang telah melakukan registrasi, nanti akan dipilih menjadi 100 finalis yang kemudian mengerucut menjadi 20 finalis.

Dari 20 finalis tersebut, mereka akan diberi sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dari Bekraf. Setelah itu, ke-20 pengusaha kreatif itu akan mendapatkan bimbingan dari para ahli dan berkesempatan mendalami distribusi dan jaringan. Selama proses tersebut akan ditampilkan di situs berbagi, YouTube.

"Ke-20 finalis akan ditentukan pemenangnya yang akan mendapatkan Rp500 juta dari total hadiah Rp1 miliar sebagai modal usaha," ucapnya.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya