VIDEO: Hujan Meteor Paling Aktif di 2016

Hujan meteor Perseid di Inggris
Sumber :

VIVA.co.id – Bagi penikmat keindahan astronomi, dalam waktu dekat ini akan disuguhkan hujan meteor Perseid yang akan menghiasi langit pada Agustus. Hujan meteor Perseid tersebut merupakan puncak hujan meteor yang terjadi pada 2016.

Langit Tetangga Indonesia Dilindungi Puluhan Jet Tempur Siluman

Sekitar 150-200 meteor per jamnya akan meluncur dalam hujan meteor Perseid. Menurut American Meteor Society, jumlah angka meteor dalam hujan meteor Perseid itu merupakan yang terbesar dan teraktif pada tahun ini, sebab biasanya jumlah meteor sekitar 50-75 meteor. Namun, tahun ini bisa mencapai dua kali lipatnya.

Dilansir Patch, Senin, 25 Juli 2016, ahli meteor dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Bill Cooke, mengatakan puncak Perseid tersebut merupakan yang pertama kali sejak 2009.

Lonjakan Suara PSI Jadi Sorotan, Burhanuddin Muhtadi Sempat Bilang Begini

Diperkirakan hujan meteor Perseid terjadi selama 13 Juli hingga 26 Agustus, dengan puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada 12-13 Agustus.

Untuk menikmati hujan meteor Perseid, pengamat harus berada jauh dari cahaya kota. Dikarenakan, cahaya lampu-lampu kota yang terpancar akan mengurangi penglihatan saat terjadinya hujan meteor.

Anggota Komisi II Pastikan DPR Segera Revisi UU Pemilu

Setelah itu, bisa menggunakan alat bantuan seperti teleskop yang kemudian mengarahkannya ke bagian timur laut di langit malam. Pada area tersebut akan terpampang konstelasi Perseus. Tengah malam menjadi waktu yang terbaik untuk merasakan keindahan alam ‘melukis’ malam.


 
Lapisan atmosfer yang mengorbit di atas Garis Karman.

Bumi Punya Tameng Langit

Tapi, tahukah kamu, kalau Bumi memiliki tameng langit atau sistem pertahanan yang membuatnya bisa terhindar dari hantaman benda asing dari luar angkasa.

img_title
VIVA.co.id
11 Maret 2024