TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

VIDEO: Hujan Meteor Paling Aktif di 2016

Puncak hujan meteor Perseid terjadi pada 12-13 Agustus 2016.
VIDEO: Hujan Meteor Paling Aktif di 2016
Hujan meteor Perseid di Inggris

VIVA.co.id – Bagi penikmat keindahan astronomi, dalam waktu dekat ini akan disuguhkan hujan meteor Perseid yang akan menghiasi langit pada Agustus. Hujan meteor Perseid tersebut merupakan puncak hujan meteor yang terjadi pada 2016.

Sekitar 150-200 meteor per jamnya akan meluncur dalam hujan meteor Perseid. Menurut American Meteor Society, jumlah angka meteor dalam hujan meteor Perseid itu merupakan yang terbesar dan teraktif pada tahun ini, sebab biasanya jumlah meteor sekitar 50-75 meteor. Namun, tahun ini bisa mencapai dua kali lipatnya.

Dilansir Patch, Senin, 25 Juli 2016, ahli meteor dari Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Bill Cooke, mengatakan puncak Perseid tersebut merupakan yang pertama kali sejak 2009.

Diperkirakan hujan meteor Perseid terjadi selama 13 Juli hingga 26 Agustus, dengan puncak hujan meteor Perseid akan terjadi pada 12-13 Agustus.

Untuk menikmati hujan meteor Perseid, pengamat harus berada jauh dari cahaya kota. Dikarenakan, cahaya lampu-lampu kota yang terpancar akan mengurangi penglihatan saat terjadinya hujan meteor.

Setelah itu, bisa menggunakan alat bantuan seperti teleskop yang kemudian mengarahkannya ke bagian timur laut di langit malam. Pada area tersebut akan terpampang konstelasi Perseus. Tengah malam menjadi waktu yang terbaik untuk merasakan keindahan alam ‘melukis’ malam.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP