TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Edward Snowden Buat Casing Smartphone Antisadap

Baru konsep untuk proyek akademis, belum produksi massal.
Edward Snowden Buat Casing Smartphone Antisadap
Casing iPhone antisadap buatan Edward Snowden (Telegraph)

VIVA.co.id – Buronan Intel Amerika, Edward Snowden telah mendesain sebuah casing Smartphone  yang cukup canggih. Casing tersebut diklaim bisa mendeteksi aktivitas peretasan atau penyadapan di dalam ponsel.

Dalam mendesain tutup bodi Smartphone ini Snowden tidak sendirian. Dia dibantu oleh Andrew 'Bunnie' Huang, pria yang dikenal sebagai ahli peretasan hardware yang juga lulusan PhD dari Massachustes Institute of Technology (MIT). Desain casing canggih itu dipamerkan melalui video dalam event MIT Media Lab di Cambridge, Massachusets.

Dikutip dari Telegraph, digambarkan Huang, casing itu memiliki bentuk dan fungsi layaknya penutup baterai. Di depannya juga dilengkapi dengan layar berisi informasi yang muncul jika ada perangkat lain yang meretas atau mengirimkan data dalam Smartphone tanpa sepengetahuan pemilik.

Sebagai tambahan, sistem di dalam casing itu juga dilengkapi dengan suara alarm yang akan menyala jika ada kejanggalan ditimbulkan dari radio frekuensi yang digunakan. Ke depan, Snowden dan Huang berencana untuk menambahkan fitur 'kill switch' di dalam casing itu. Artinya, daya ponsel bisa langsung otomatis mati jika ditemukan ada proses transmisi data misterius yang terjadi.

Sejatinya, casing yang baru bisa digunakan oleh iPhone itu didesain sedemikian rupa untuk mengamankan kerja para jurnalis. Diprediksi, perangkat komunikasi para wartawan bisa diretas melalui koneksi wifi atau bluetooth.

"Jurnalis bisa saja dikhianati oleh perangkat mereka sendiri. Smartphone merupakan perangkat penting untuk berkomunikasi. Untuk menghindari peretasan pun tidak cukup hanya dengan Airplane Mode. Fitur itu ternyata tidak memiliki korelasi dengan pusat hardware," papar Huang dalam papernya.

Sayangnya, perangkat itu masih berupa proyek akademis dan masih jauh untuk diproduksi massal. Keduanya berharap bisa meengembangkan purwarupa dalam waktu beberapa tahun ke depan. Selain iPhone mereka juga berencana membuat casing canggih untuk merek ponsel lain.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP