TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

17 Kota Kini Tiru Smart City Kota Semarang

Semarang telah melakukan digitalisasi kota sejak 2013.
17 Kota Kini Tiru Smart City Kota Semarang
Beberapa wali kota yang mengaku berkomitman dalam Smart City. (Viva.co.id/Dwi Royanto)

VIVA.co.id – Keberhasilan program pengembangan Smart City atau Kota Pintar milik Kota Semarang kini jadi percontohan. Sebanyak 17 kota di Indonesia bahkan menyatakan bakal meniru program digitalisasi yang dilakukan kota itu sejak 2013.

Ke-17 kota, yang segera memboyong sistem Smart City Kota Semarang, seluruhnya tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komisariat Wilayah VI. Seluruhnya berasal dari tiga pulau masing-masing Pulau Sulawesi, Maluku dan Papua.

Kepastian Semarang menjadi percontohan sistem Smart City ini setelah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi secara khusus diundang sebagai pembicara pada acara Apeksi di Gorontalo pada Kamis, 21 Juli 2016 lalu.

"Saya meyakini Smart City adalah solusi sebuah daerah luas dengan jumlah penduduk banyak guna melakukan integrasi, komunikasi dan validasi," kata Hendrar, Sabtu, 23 Juli 2016.

Wali Kota yang akrab disapa Hendi itu menyebut upaya digitalisasi Kota Semarang serius mengembangkan program Smart City telah ia rintis sejak 2013.

Kini daerah yang terkenal dengan penganan lumpianya itu merupakan satu dari empat kota yang menjadi kiblat pembangunan Smart City di Indonesia. Tiga kota lainnya adalah Surabaya, Bandung, dan Makassar.

Dalam kesempatan itu, Hendi menyatakan berkomitmen menyumbangkan seluruh sistem pendukung Smart City milik Kota Semarang untuk dapat diduplikasi di seluruh Kota yang tegabung dalam APEKSI Komwil VI.

"Komitmen kami adalah Semarang Smart City untuk Indonesia Smart City. Maka kami siap menyumbangkan seluruh sistem pendukung Smart City yang telah berjalan di Kota Semarang secara gratis untuk dikembangkan  di kota lain, " ujar Politisi PDI Perjuangan itu.

Saat ini Semarang telah mengembangkan 148 sistem pendukung pengembangan Smart City yang mempermudah layanan pemerintah. Mulai dari Sistem Informasi Perencanaan Daerah, Sistem Informasi Monitoring Evaluasi, Pelaporan Warga Online terintegrasi, Aplikasi CCTV Publik serta sistem perizinan bangunan yang dapat diurus tanpa perlu datang ke kantor pemerintah.

Selama beberapa tahun terakhir, pengembangan program Smart City milil Semarang sepertinya tak pernah absen diganjar penghargaan. Terbaru Wali Kota Hendi mendapat penghargaan pada ajang Indonesia Digital Economy Award 2016 di Jakarta.

Dalam ajang tersebut, Semarang dinobatkan menjadi Rising Star Indonesia Digital Economy Award 2016. Di beberapa kesempatan Hendrar juga rajin memberikan pemaparan tentang program Smart City, salah satunya pada event GoeSmart di Grand City Convex, Surabaya.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP