TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Indonesia Jadi Tuan Rumah Startup World Cup 2017

Pemenang Startup World Cup dapat hadiah Rp14 miliar.
Indonesia Jadi Tuan Rumah Startup World Cup 2017
Peluncurkan program Bekraf for Pre-Startup (Bekup) (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)

VIVA.co.id – Perusahaan modal ventura berbasis di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS), Fenox Venture Capital (Fenox VC) menyelenggarakan Startup World Cup (SWC) 2017 yang merupakan konferensi dan kompetisi global yang diselenggarakan di 11 negara. Yaitu Indonesia, Jepang, Cina, Israel, Australia, Republik Ceko, India, Chili, Inggris, Afrika Selatan, Taiwan, dan AS yang meliputi Texas, Boston, dan Silicon Valley.

"Kami telah membangun sebuah program untuk pengusaha startup bersatu dalam sebuah ekosistem global dimana ide-ide cemerlang tercipta, ide-ide yang dapat memudahkan hidup kita di masa kini," kata Kepala Start-up World Cup 2017, General Partner dan Chief Executive Officer (CEI) Fenox VC Anis Uzzaman, dalam keterangan tertulisnya pada Jumat, 22 Juli 2016.

Kegiatan ini diluncurkan di Jakarta, yang dinilai sebagai penghubung wirausaha terbesar di Asia Tenggara. Startup World Cup Indonesia merupakan realisasi dari bentuk kerja sama antara Fenox VC dan Badan Kreatif Ekonomi Indonesia (BEKRAF).

"Startup World Cup 2017 adalah wadah bagi mereka untuk memperoleh wawasan yang lebih luas dari mentor dan kontestan yang paling berpengalaman, memperluas jaringan koneksi dan bertemu dengan potensial investor untuk mempresentasikan mengenai ide mereka," ucapnya.

Periode pendaftaran telah dimulai dari 21 Juni 2016 melalui situs resmi SWC 2017. "Baik di Indonesia maupun negara Asia Tenggara lainnya, lebih dari 750 pendaftar diharapkan turut serta mendaftarkan diri mereka sebelum 10 Agustus 2016," ujarnya.

Dari sekian banyak pendaftar, 10 peserta regional terbaik akan diundang untuk mempresentasikan ide-ide mereka di hadapan para juri internasional terkenal. Termasuk investor papan atas dan CEO perusahaan-perusahaan teknologi.

Kemudian, pemenang regional akan berkompetisi di babak final yang akan berlangsung di Silicon Valley, Amerika Serikat pada 24 Maret 2017 dan mendapatkan kesempatan memenangkan US$1 juta atau setara dengan Rp14 miliar dalam bentuk investasi dan hadiah lainnya.

Lebih lanjutnya, pemenang regional akan memperoleh perjalanan gratis ke Silicon Valley, Amerika Serikat, dimana babak final akan diadakan.

"Para pemenang akan mewakili startup dan negaranya di konferensi global SWC selama seminggu. Kegiatan terdiri dari boot camp, startup battle field, konferensi internasional, dan forum investor," ujarnya.

Sehingga, dalam kegiatan tersebut para pemenang dapat membangun koneksi dengan para potensial investor lokal maupun internasional.

"Bagi pengusaha startup yang telah mendaftar di SWC 2017 di Indonesia, ini adalah langkah yang lebih dekat dengan babak pitching yang akan dilaksanakan pada 23 Agustus 2016 di Teater Nusa Indah, Balai Kartini Indonesia," tuturnya.

Dia mengungkapkan bahwa Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia, Triawan Munaf, turut ambil bagian dalam menentukan tim terbaik yang berhak mewakili Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP