TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Transjakarta Kini Terintegrasi dengan Google Maps

Informasi rute dan jadwal bus Transjakarta secara real time.
Transjakarta Kini Terintegrasi dengan Google Maps
Google Maps terintegrasi dengan bus Transjakarta (Agus Tri Haryanto/Viva.co.id)

VIVA.co.id – Peta Google atau Google Maps kini mendapatkan fitur baru dengan nama Google Transit. Fitur tersebut akan menghadirkan informasi real time terkait jalur dan jadwal Transjakarta.

Informasi itu tersedia berkat kerja sama Google dengan PT Transportasi Jakarta. Tidak hanya rute busway tapi juga jadwal dan estimasi kedatangan bus Transjakarta yang akan tiba di halte yang dituju.

Fitur terbaru dari Google Maps secara real-time, terkait transportasi publik ini, diklaim baru pertama kali ada di kawasan Asia Tenggara.

"Dibuatnya fitur terbaru pada Google Maps ini berdasarkan kemacetan yang dialami semua kota di dunia, tidak hanya di Jakarta saja. Kita tahu bahwa macet adalah melelahkan. Maka dari itu, dengan Google Transit bisa jadi membantu warga dalam beraktivitas," ucap Director Google Maps, Suren Ruhela ditemui dalam perkenalan fitur terbaru Google Maps di Ms. Choo Brasserie and Bar, Senopati, Jakarta, Kamis, 21 Juli 2016.

Untuk diketahui, Transit merupakan fitur dari Google Maps yang dirancang untuk informasi kepada pengguna yang ingin melakukan perjalanan melalui transportasi publik. Fitur tersebut sudah tersedia pada produk Google ini di belasan negara.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta, Budi Kaliwono, mengatakan informasi real-time akan busway ini setidaknya bisa memberikan kemudahan bagi penumpangnya.

"Tentu akan memberikan kemudahan bagi penumpang untuk memprediksikan kedatangan busway," ujar dia.

Budi mengungkapkan, berdasarkan laporan terakhir per Juni 2016, total sudah ada 10,2 juta orang yang menggunakan sarana transportasi yang disediakannya, dengan rata-ratanya 340 ribu orang yang menggunakan busway. Saat ini, PT Transportasi Jakarta membuka 12 koridor dengan 68 rute yang mengoperasikan 800 bus per harinya.

Cara Tahu Info Busway

Untuk warga Jakarta yang ingin merasakan fitur terbaru dari Google Maps tersebut, bisa melakukan tiga langkah berikut:

1. Membuka aplikasi Google Maps di perangkat Android, iOS, dan desktop dengan versi terbaru.

2. Memasukkan destinasi yang akan dituju, kemudian mengklik ikon berwarna biru yang ada di bawah kanan layar perangkat. Setelah itu, Anda pilih ikon 'transit' (bergambar kereta) untuk melihat waktu tiba busway, nomor koridor, rute, dan informasi lainnya yang Anda perlukan.

3. Anda bisa menambah atau menggantikan destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP