WhatsApp Kembali Diblokir di Brasil

Whatsapp
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Untuk kedua kalinya dalam kurun tahun 2016, WhatsApp harus merasakan pil pahit karena diblokir oleh Brasil. Pemblokiran tersebut merupakan buntut panjang pertempuran antara WhatsApp dengan pemerintah.

Pesan Obrolan Bocor, Apakah WhatsApp Masih Aman Digunakan?

Menurut pemberitaan yang dilansir Tech Crunch, Rabu, 20 Juli 2016, seorang hakim di Brasil meminta kepada WhatsApp agar diberi akses untuk masuk ke pesan seorang kriminal yang tengah diinvestigasi. Upaya pengadilan Brasil 'menyelinap' gagal setelah pesan pengguna WhatsApp yang diketahui telah dienkripsi.

Ketika meminta WhatsApp untuk meminta data yang diinginkannya, perusahaan di bawah naungan Facebook itu menolak. Negeri yang dikenal dengan hutan Amazonnya ini pun kembali memblokir WhatsApp.

Bakal Ada Sesuatu dari WhatsApp, Biar Pemakainya Merasa Aman

Secara keseluruhan, sejak kehadiran WhatsApp di Brasil, layanan pesan instan itu telah diblokir empat kali. Namun satu upaya pemblokiran pernah ditolak karena menang dalam pengajuan banding.

"Dalam beberapa bulan terakhir, orang-orang dari seluruh Brasil telah menolak pemblokiran layanan seperti WhatsApp. Langkah sembarangan seperti ini mengancam kemampuan orang untuk berkomunikasi, menjalankan bisnis mereka, menjalani kehidupan mereka. Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, kami tidak bisa berbagi informasi yang tidak memiliki kepentingan untuk diakses," tutur juru bicara WhatsApp.

Cara Kirim Pesan Meski WhatsApp Diblokir

Persoalan pemblokiran WhatsApp di Brasil, rata-rata sama kasusnya dalam putusan pengadilan, yakni agar WhatsApp memberikan akses ke layanannya. Namun, WhatsApp bersikukuh dengan pendiriannya untuk tak memberikan akses tersebut.

Meski WhatsApp tengah dilarang di Brasil untuk kesekian kalinya, aplikasi pesan terenkripsi lainnya tetap berjalan. Diketahui, saat ini WhatsApp berada di garda terdepan sebagai layanan pesan instan terpopuler dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta.

WhatsApp.

Mau Menyembunyikan Nama Profil di Aplikasi WhatsApp? Ini Caranya

Salah satu fitur memungkinkan pengguna WhatsApp untuk membuat nama profilnya tersembunyi agar orang lain tidak dapat melihatnya atau terlihat seperti kosong. 

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2022