NASA Temukan Dua Planet Baru Kembaran Bumi

Ilustrasi 100 lebih planet yang ditemukan teleskop ruang angkasa NASA Kepler.
  • NASA/JPL

VIVA.co.id – Dari empat planet ‘kembaran’ bumi yang baru ditemukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dua di antaranya disebut punya potensi layak huni seperti di bumi.

Diketahui, melalui misi K2 yang dijalankan teleskop luar angkasanya, Kepler, NASA menemukan lebih dari 100 planet. Dari ratusan planet itu, empat di antaranya memiliki karakter mirip bumi.

Seperti dilansir Space.com, dua ‘dunia’ baru berpotensi layak huni itu adalah K2-72c dan K2-72e. Ilmuwan memperkirakan, di planet K2-72c akan 10 persen lebih panas dari bumi sedangkan di K2-72e enam persen lebih dingin dari bumi.

Empat planet mirip bumi ini memiliki konstruksi bebatuan dengan ukuran sekitar 20 hingga 50 persen lebih besar daripada bumi. Di planet ini mengorbit sebuah bintang yang mirip dengan matahari tetapi cahayanya tidak seterang matahari sebagai poros mengorbitnya bumi.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Lebih dari 100 planet baru temuan NASA ini terbaca melalui gambar resolusi tinggi yang diperoleh dari kamera WM Keck Observatory, Automated Planet Finder, dan teleskop Binocular.

Dengan ditemukannya lebih dari 100 planet baru tersebut, total planet yang telah ditemukan Kepler sekitar 2.300 sejak peluncurannya bulan Maret 2009.

Serta yang masih dalam daftar tunggu untuk tindak lanjut pengamatan dan analisis sekitar 2 ribu planet lagi.

Sampah China Diburu Amerika
Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS 'International Space Station' adalah proyek konstruksi multi negara yang merupakan struktur tunggal.

15 Maret 2022