TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

NASA Temukan Dua Planet Baru Kembaran Bumi

Kepler telah menemukan total 2.300 planet sejak Maret 2009.
NASA Temukan Dua Planet Baru Kembaran Bumi
Ilustrasi 100 lebih planet yang ditemukan teleskop ruang angkasa NASA Kepler. (NASA/JPL)

VIVA.co.id – Dari empat planet ‘kembaran’ bumi yang baru ditemukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), dua di antaranya disebut punya potensi layak huni seperti di bumi.
 
Diketahui, melalui misi K2 yang dijalankan teleskop luar angkasanya, Kepler, NASA menemukan lebih dari 100 planet. Dari ratusan planet itu, empat di antaranya memiliki karakter mirip bumi.
 
Seperti dilansir Space.com, dua ‘dunia’ baru berpotensi layak huni itu adalah K2-72c dan K2-72e. Ilmuwan memperkirakan, di planet K2-72c akan 10 persen lebih panas dari bumi sedangkan di K2-72e enam persen lebih dingin dari bumi.
 
Empat planet mirip bumi ini memiliki konstruksi bebatuan dengan ukuran sekitar 20 hingga 50 persen lebih besar daripada bumi. Di planet ini mengorbit sebuah bintang yang mirip dengan matahari tetapi cahayanya tidak seterang matahari sebagai poros mengorbitnya bumi.
 

Lebih dari 100 planet baru temuan NASA ini terbaca melalui gambar resolusi tinggi yang diperoleh dari kamera WM Keck Observatory, Automated Planet Finder, dan teleskop Binocular.
 
Dengan ditemukannya lebih dari 100 planet baru tersebut, total planet yang telah ditemukan Kepler sekitar 2.300 sejak peluncurannya bulan Maret 2009.
 
Serta yang masih dalam daftar tunggu untuk tindak lanjut pengamatan dan analisis sekitar 2 ribu planet lagi.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP