TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Berkat Pokemon Go, Nintendo Lebih Berharga Ketimbang Sony

Kapitalisasi pasar Nintendo mencapai 4,5 triliun Yen.
Berkat Pokemon Go, Nintendo Lebih Berharga Ketimbang Sony
Nintendo (www.theverge.com)

VIVA.co.id – Pokemon Go kembali memberikan dampak menguntungkan bagi Niantic Lab, The Pokemon Company, dan Nintendo, usai menjadi game mobile terpopuler dalam beberapa pekan terakhir. Kali ini berkat Pokemon Go, Nintendo dinilai lebih berharga ketimbang Sony sebagai perusahaan video game.

Ini terlihat dari saham milik Nintendo yang meroket tajam di bursa saham Jepang. Pada penutupan pasar Jepang Senin kemarin, saham Nintendo melonjak 12 persen. Sementara kalau diukur dari sejak awal dirilisnya Pokemon Go pada 6 Juli, pertumbuhan saham Nintendo meningkat 120 persen.

Dikutip dari Telegraph, Selasa, 19 Juli 2016, ketika Pokemon Go dirilis nilainya 2,5 triliun Yen tapi saat ini kapitalisasi pasar Nintendo mencapai 4,5 triliun Yen. Raihan tersebut melewati Sony yang hanya berdiri dengan 4,1 triliun Yen.

Telegraph menyebutkan pencapaian Nintendo ini merupakan yang pertama kali berada di atas Sony, yang telah menjadi pesaing utama mereka sedari 1994. Ketika itu, Sony merilis PlayStation yang langsung berkompetisi dengan Nintendo dalam pasar video game.

Bahkan, karena Pokemon Go juga, Nintendo memecahkan rekor perdagangan di pasar saham Jepang satu abad terakhir. Nintendo memiliki saham tertinggi dengan nilai 476 miliar Yen.

Pokemon Go yang merupakan permainan game mobile di smartphone tak kalah dengan permainan game konsol. Keberhasilan yang dicapai oleh Nintendo memberikan gambaran kalau di masa mendatang, permainan yang dioperasikan melalui ponsel lebih menguntungkan. Tahun lalu, Nintendo menandatangani kesepakatan dengan pengembang DeNA untuk merancang game yang bisa menampilkan karakter yang paling digemari.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP