Sebulan Mendarat di Bumi, Astronot Ini Merasa Baru Pulih

Astronot Inggris, Tim Peake usai mendarat di Kazakhstan
Sumber :
  • www.theguardian.com

VIVA.co.id – Astronot Inggris Tim Peake menyatakan tubuhnya sudah merasa normal kembali usai satu bulan mendarat ke Bumi. Astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) itu telah menjalani misi peneliti di Stasiun Antariksa Internasional (ISS) selama enam bulan.

4 Astronaut Bulan yang Masih Hidup, Ada yang Pernah Menyesal

“Saya mendapatkan kembali rasa keseimbangan (tubuh), itu menjadi bagian yang paling sulit menyesuaikan kembali ke gravitasi bumi,” ujar Peake seperti dilansir Mirror, Senin 18 Juli 2016.
 
Ketika bercerita mengenai kondisi tubuhnya yang ia rasa sudah membaik, ia seakan terbayang kembali sewaktu hari pertama mendarat di Bumi. Ternyata pada tiga hari pertama, Peake tak merasa ada perubahan pada tubuhnya.
 
“Setelah itu (keseimbangan tubuh) menghilang, tubuh benar-benar belajar menyeimbangkan lagi, itulah waktu terpanjang, karena tubuh Anda mematikan sistem vestibular ketika enam bulan di luar angkasa, butuh waktu lama untuk mempelajari keseimbangan,” ujar seorang ayah dua anak usia 44 tahun itu.
 
Tapi, meski keseimbangan tubuhnya sudah kembali setelah satu bulan mendarat, Peake mengaku sepertinya butuh waktu satu tahun untuk memulihkan kembali tulangnya. Ia mengatakan akan rutin menjalani gym demi mengembalikan kepadatan tulangnya.
 
“Secara keseluruhan saya sudah kehilangan 2 persen dari kepadatan tulang,” kata dia.
 
Walaupun butuh waktu kembali untuk membuat tubuhnya pulih 100 persen. Pengalaman menerawang Bumi dari luar angkasa menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi Peake.
 
Ia mengatakan, pandangan itu menjadi hal yang paling dirindukan dalam misinya.
 
“Itu tidak akan pernah membosankan. Setiap kali anda pergi ke jendela anda melihat sesuatu yang luar biasa,” cerita Peake.
 
Sekembalinya Peake ke bumi, peneliti pun antusias untuk 'membedah' kondisi tubuh dan pikiran Peak selama di ruang hampa.
 
Selama program rehabilitasi intensif, Peake juga telah menjalani scan otak dan tulang, menyumbangkan jaringan otot, dan menjalani berbagai tes darah.

Astronaut NASA di ISS dalam ekspedisi 52, Peggy Whitson

VIDEO: Cara Astronaut BAB di Luar Angkasa

Kotoran astronaut akan disimpan dan dibuang di atmosfer.

img_title
VIVA.co.id
1 Juni 2018