TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

VIDEO: Begini Pesawat NASA Bakal Mendarat di Pluto

New Horizons setahun lalu terbang melintasi Pluto
VIDEO: Begini Pesawat NASA Bakal Mendarat di Pluto
Permukaan Pluto (Instagram/NASA)

VIVA.co.id – Setahun lalu pesawat antariksa New Horizons milik Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) telah terbang melintasi planet kerdil Pluto.

Keberhasilan itu memang bersejarah, sebab itu merupakan pesawat pertama yang berhasil mendekati Pluto.

Dikutip Tech Times, Jumat 15 Juli 2016, NASA mengirimkan pesawatnya dengan tujuan untuk mempelajari planet kerdil itu. Saat ini New Horizons memang hanya bisa mengambil foto Pluto dari area orbitnya, tapi ke depan NASA ingin pesawat itu meneliti di daratan Pluto.

Untuk memperingati setahun langkah bersejarah itu, NASA merilis video yang menggambarkan bagaimana New Horizons mendarat di permukaan Pluto.

Data video itu berasal dari lebih dari 100 foto yang telah dihasilkan oleh New Horizons selama enam pekan mendekati dan melintasi Pluto.

Dalam video itu, digambarkan pesawat akan mendarat di daratan es gunung di permukaan Pluto.

"Setahun lalu, Pluto hanya sebuah titik dalam posisi itu," kata Alan Stern, peneliti utama dari misi New Horizons di Southwest Research Institute, Colorado, Amerika Serikat.

Pencapaian New Horizons mendekati Pluto memang sebuah jalan panjang. Butuh sembilan tahun bagi pesawat itu untuk mendekati Pluto yang berjarak 3 miliar mil dari Bumi.

Pada awal Juli, ilmuwan NASA telah mengonfirmasi New Horizons siap untuk mendekati 2014 MU69, objek kosmik yang terletak 1 miliar mil dari Pluto di wilayah Kuiper Belt.

Objek tersebut terdeteksi pada dua tahun lalu. 2014 MU69 diyakini sebagai sisa es dari pembentukan planet-planet di masa lalu. 2014 MU69 dijadwalkan sudah mendekati objek tersebut pada 1 Januari 2019.

Untuk mendekati 2014 MU69, New Horizons dibekali tujuh instrumen untuk mengumpulkan gambar citra tinggi objek tersebut. Data yang didapatkan kemudian dikirimkan dan sampai di Bumi pada 2020.

 

 

 

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP