TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Harteknas, Motor Listrik sampai Pesawat Lokal Dipamerkan

Harteknas diperingati di Solo, Jawa Tengah, 7-10 Agustus 2016
Harteknas, Motor Listrik sampai Pesawat Lokal Dipamerkan
Kemenristekdikti jumpa pers untuk Harteknas ke-21 (VIVA.co.id/Mitra Angelia)

VIVA.co.id – Puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-21 pada 10 Agustus 2016 akan digelar di Solo, Jawa Tengah. Acara puncak akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Mohamad Nasir.

"Presiden dijadwalkan akan menghadiri acara puncak nanti di Solo (10 Agustus)" ujar Dirjen Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti, Jumain Appe dalam keterangan pers di Gedung Dikti, Jakarta, Jumat 15 Juli 2016.

Harteknas merupakan salah satu hari bersejarah nasional yang diperingati setiap 10 Agustus. Tanggal itu ditetapkan sebagai Harteknas karena menjadi tonggak sejarah kebangkitan teknologi di Indonesia.

Direktur Sistem Inovasi Kemenristekdikti, yang juga menjadi Ketua Pelaksana Harian Hakteknas ke- 21, Ophirtus Sumule mengatakan, tonggak sejarah itu diawali dengan penerbangan perdana pesawat terbang N-250 Gatotkaca pada 10 Agustus 1995 di Bandung.

Hasil karya anak bangsa itu pun menjadi bukti, Indonesia telah berhasil mengembangkan jiwa Iptek yang inovatif, sehingga menghasilkan produk inovasi nasional yang membanggakan sampai ranah internasional.

"Peringatan Hakteknas ke -21 tahun ini mengangkat fokus inovasi karena saat ini prinsip-prinsip inovasi adalah better, cheaper, faster, tanpa melupakan kualitas dan keunikan sumber daya kita yang dikembangkan dengan memanfaatkan Iptek," ucap Ophirtus.

Rangkaian Harteknas

Harteknas akan dilaksanakan pada 7 hingga 13 Agustus 2016 di Solo. Peluncuran Hakteknas tahun ini sudah dilaksanakan di Wisma Perdamaian, Semarang pada 31 Mei 2016 oleh Menristek Mohamad Nasir.

Kemudian, Ophirtus menjelaskan pada 7 Agustus, rangkaian Harteknas akan dimulai dengan pergelaran Car Free Day di Jalan Slamet Riyadi, Solo.

Dalam gelaran itu, bakal ada pameran alat peraga Iptek, demo sains, pameran motor listrik, demo statis panser amfibi, panser turrent dan rantis komodo, permainan ular tangga SNI dan demo atau lomba robot.

"Juga akan ada sidang paripurna tahunan dalam rangkaian kegiatan (9 Agustus)" kata Ophirtus.

Kemudian pada 10 sampai 13 Agustus, akan dilaksanakan Ritech Expo. Dalam pameran tersebut, akan ditampilkan serangkaian inovasi teknologi di berbagai bidang. Untuk bidang transportasi, ada sepeda motor listrik Gesits yang diciptakan oleh Garasindo dan Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) dan pesawat N-219 oleh PT DI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Untuk bidang kesehatan dan obat, produknya Eliminate Dengue Project Yogyakarta karya dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sedangkan untuk bidang pangan dan pertanian, ada benih unggul padi IPB-3S karya Institut Pertanian Bogor (IPB). Bidang teknologi informasi dan komunikasi, akan tampil Alkom Manpack Ficor-100, sebuah alat komunikasi pertahanan yang dibuat oleh PT LEN industri. Kemudian di bidang pertahanan dan keamanan ada Senapan Serbu Pinpad SS3 oleh PT Pindad dan lain.

Acara puncak Harteknas digelar pada 10 Agustus yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Menteri Nasir di Stadion Manahan, Solo.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP