TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Polda Metro Imbau Hindari Main Pokemon Saat Berkendara

Berpotensi terjadi kecelakaan di jalan.
Polda Metro Imbau Hindari Main Pokemon Saat Berkendara
Peringatan untuk tidak berkendara sambil bermain Pokemon Go (SunLive)

VIVA.co.id – Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, memperingatkan para gamer agar berati-hati saat bermain Pokemon Go. Hal itu dikarenakan banyak pemain game tersebut kerap lupa diri, bahkan keranjingan memainkan game yang memaksa penggunanya untuk tidak diam di satu tempat.

Bahkan, Awi menegaskan agar para gamer lebih memperhatikan lingkungan dan situasi sekitar saat bermain Pokemon Go, terutama saat berada di jalan raya.

"Memang permainan Pokemon melibatkan GPS, map (peta) ini menggerakan kita untuk terus mencari Pokemon di mana saja berada. Yang jadi masalah, si gamers (pemain) ini tidak tahu saat jalan macet, tidak memperhatikan jalan. Apalagi kalau main sendiri, tidak lihat jalan," kata Awi kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Kamis 14 Juli 2016.

Awi pun menuturkan, sebelum ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa pemain, seperti korban kejahatan dan kecelakaan, orang yang berada di sekitar juga harus saling mengingatkan.

"Jangan sampai nanti kita asik mengejar Pokemon jadi malapetaka, karena fokus ke game dan hape, tidak lihat lingkungan sekitar. Ini bahaya. Kita tidak tahu ada lubang saat berkendara, bisa kecelakaan. Lalu bisa jadi korban kejahatan. Ada copet nanti hape diambil," katanya.

Untuk diketahui, Pokemon Go adalah sebuah game yang memanfaatkan teknologi mirip AR (Augmented Reality) atau dinamakan location based entertainment (hiburan berbasis lokasi). Ia akan meminta para pemainnya untuk berjalan di dunia nyata untuk mencari Pokemon, Pokestop atau Gym. Pemain juga dapat menggunakan item, yang ditemukan dalam game atau dibeli dengan uang asli, untuk menarik Pokemon di Pokestop.

Sejak peluncurannya beberapa hari yang lalu, Pokemon Go dengan cepat menjadi populer. Banyak pengguna gadget didunia yang mengunduh game besutan Niantic Lab, Nintendo, dan The Pokemon Company ini.

Imbauan yang sama juga sudah dikeluarkan oleh pemerintah setempat di beberapa belahan dunia, tempat Pokemon Go telah dirilis. Di New Zealand misalnya, dilansir melalui Sunlive.co.nz, sudah terdapat peringatan terkait dengan bahaya bermain Pokemon saat berkendara. Peringatan ini ditulis oleh kepolisian kota Waikato di sebuah bilboard yang terdapat di jembatan penyebrangan dalam tol.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP