Studi: Bersepeda Kurangi Risiko Kena Diabetes Tipe 2

Bersepeda di Hutan UI Bike Park
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Peneliti dari Denmark menyatakan rutin bersepeda bisa mengurangi risiko seseorang terkena penyakit tipe 2.

Sederet Manfaat Jalan Kaki bagi Penderita Diabetes, Lakukan Secara Rutin

Martin Rasmussen, peneliti University of Southern Denmark, mengatakan dalam studinya, ia dan rekan-rekan peneliti lainnya melibatkan sekitar 24 ribu koresponden berjenis kelamin laki-laki dan 27 ribu perempuan di Denmark, dengan rentang usia 50 sampai 65 tahun.
 
Selama lima tahun, ribuan koresponden itu bersepeda rutin setiap hari. Baik itu aktivitas berangkat kerja maupun rekreasi. Setelah itu, tim Rasmussen mengukur tingkat penyakit melalui Danish National Diabetes Registry, sebelum dan sesudah lima tahun waktu studi itu.

“Mereka yang mulai naik sepeda secara teratur menghadapi 20 persen penurunan risiko untuk diabetes tipe 2, dibandingkan partisipan yang tidak berlatih,” ungkap Rasmussen dilansir TechTimes, Kamis, 14 Juli 2016.

Meski Tak Obesitas Orang Depresi, Bisa Sebabkan Diabetes Tipe 2

Semakin banyak waktu partisipan dihabiskan untuk bersepeda, kata Rasmussen, maka semakin rendah risiko mereka untuk terkena penyakit .

Ramussen menegaskan, memang masih banyak terapi lain untuk penyembuhan atau pencegahan penyakit tersebut. Misalnya, diet, riwayat merokok, konsumsi alkohol dan lainnya. Tapi, setidaknya kegiatan bersepeda merupakan kegiatan rutinitas seseorang, yang ternyata memberi seribu manfaat.

Inilah Deretan Makanan yang Wajib Dihindari Penderita Diabetes

“Hasil menggarisbawahi bahwa ketika seseorang memasuki usia yang lebih tua, itu tidak terlalu terlambat pergi bersepeda untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2,” ucap Ramussen. (ase)

Ilustrasi makanan dan minuman manis

Undangan Halal Bi Halal Numpuk, Penderita Diabetes Perhatikan Makanan yang Harus Dihindari Ini

Banyak makanan yang tinggi karbohidrat, minuman manis plus tambahan gula, yang dapat menyebabkan kadar gula darah melonjak ketika acara halal bi halal tengah berlangsung.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024