TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Kepala Lapan: Bumi Datar Itu Sains Semu, Abaikan Saja

Gagasan Bumi datar tak punya dasar ilmiah
Kepala Lapan: Bumi Datar Itu Sains Semu, Abaikan Saja
Gambaran bumi itu datar (Creative Commons 1.0 Generic | Trekky0623)

VIVA.co.id – Wacana Bumi datar (flat earth) kembali ramai muncul di dunia maya. Sebuah blog aktif menuliskan gagasan Bumi datar muncul dan menjadi perbincangan pengguna internet.

Wacana Bumi datar itu memposisikan sebagai lawan dari gagasan Bumi bulat yang sudah lazim diyakini pada era ilmu pengetahuan. Munculnya blog tersebut pun mengundang komentar dan pembahasan.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin menanggapi munculnya kembali gagasan Bumi datar.

Dalam laman Facebook-nya, jebolan astronomi jebolan Universitas Kyoto, Jepang itu menjelaskan pemahaman Bumi datar tergolong sains semu (pseudo science).

"Itu dikemas seolah-olah ilmiah, sesungguhnya tidak mempunyai dasar ilmiah sama sekali," tulis Thomas dalam akun Facebook-nya pada 13 Juli 2016.

Profesor riset Astronomi Astrofisika Lapan itu juga menyinggung isu Bumi datar dengan dasar dalil Al Quran. Menurutnya, pengaitan Bumi datar dengan dalil kitab suci itu merupakan hasil dari tafsir yang lama. Untuk itu, dia meminta gagasan Bumi datar diabaikan saja.

"Abaikan saja pemikiran Flat Earth tersebut. Kalau pun sempat membaca atau menyaksikan videonya, anggap saja sebagai hiburan seperti kita membaca atau menonton cerita fiksi. Tak perlu ditanggapi saja," tulis Thomas.

 

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP