Selangkah Lagi Pesawat Tanpa BBM Tuntas Keliling Dunia

Solar Impulse 2 terbang di atas situs PIramida Mesir
Sumber :
  • Twitter/@solarimpulse

VIVA.co.id – Pesawat tenaga surya yang menjalani misi keliling dunia, Solar Impulse 2, berhasil menyelesaikan tahap penerbangan ke-16 dari Sevilla Airport, Spanyol menuju Kairo. Pesawat tanpa bahan bakar itu mendarat di Kairo pada 13 Juli 2016.

VIDEO: Pesawat Tenaga Surya Tuntas Kelilingi Dunia

Penerbangan ke-16 yang berjarak 3745 kilometer itu ditempuh dalam waktu 2 hari 2 jam 50 menit.

Pendaratan di Kairo berarti misi keliling dunia itu tinggal menyisakan penerbangan terakhir, yaitu dari Kairo ke Abu Dhabi. Solar Impulse 2 memulai penerbangan keliling dunia tanpa bahan bakar dari Abu Dhabi pada Maret 2015.

Pilot Sakit Perut, Misi Final Pesawat Tenaga Surya Ditunda

Dikutip dari BBC, Kamis 14 Juli 2016, dalam penerbangan ke-16 ini, pesawat diawaki oleh Andre Borschberg. Penerbangan itu juga menjadi yang terakhir bagi Borschberg dalam rangkaian misi keliling dunia dengan Solar Impulse 2. Sebab penerbangan ke-17 nanti, Solar Impulse 2 bakal dipiloti oleh koleganya, Bertrand Piccard.

Penerbangan dari Kairo ke Abu Dhabi dijadwalkan akan dilangsungkan dalam beberapa hari ke depan, tergantung kondisi cuaca dalam rute penerbangan.

VIDEO: Pesawat Tenaga Surya Makin Dekat Ukir Sejarah

Manajer misi tersebut mengatakan selama menjalankan misi penerbangan, untuk pertama kalinya baterai Solar Impulse 2 berada pada posisi di bawah 30 persen. 

Solar Challenger

20-11-1980: Penerbangan Bersejarah Pesawat Tenaga Surya

Awalnya, pesawat itu masih mengandalkan tenaga baterai.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2016