TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Manusia Sudah Pakai Ganja Sejak 11 Ribu Tahun Lalu

Di masa kuno, ganja dipakai untuk obat-obatan
Manusia Sudah Pakai Ganja Sejak 11 Ribu Tahun Lalu
Daun Ganja. ( REUTERS/Steve DiPaola)

VIVA.co.id – Tanaman ganja ternyata sudah mulai digunakan oleh manusia prasejarah sejak 11 ribu tahun yang lalu, terutama manusia prasejarah di Eropa dan Asia.
 
Dilansir Daily Mail, Kamis 14 Juli 2016, peneliti dari Free University of Berlin, Jerman mengatakan ganja pertama kali digunakan untuk pemanfaatan obat-obatan. Tapi, butuh waktu 6 ribu tahun sehingga ganja berhasil digunakan sebagai obat bius.
 
Menurut studi peneliti, ganja pertama kali digunakan oleh manusia prasejarah di China dan Asia Tengah. Tapi, peneliti menemukan, kisah pertama penggunaan ganja adalah di Jepang dan Eropa Timur, yakni sekitar 11.500 dan 10.200 tahun yang lalu.
 
Penggunaan ganja di masa kuno tak hanya daunnya saja, sebab serbuk sari, buah dan serat batang tanaman itu juga dimanfaatkan oleh manusia kuno. Batang ganja di masa lalu telah dimanfaatkan untuk obat-obatan dan sumber makanan.

Sementara, pada zaman modern saat ini, batang ganja baru digunakan untuk serat tekstil.

Pemanfaatan ganja di masa lalu juga telah dilakukan orang di India. Uniknya, di tanah Hindustan ini pada masa lalu ganja dianggap sebagai tanaman suci dan digunakan untuk Festival Hindu. Pemanfaatannya sudah digunakan sejak 5 ribu tahun sebelum masehi hingga sekarang.

(ren)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP