Manusia Sudah Pakai Ganja Sejak 11 Ribu Tahun Lalu

Ilustrasi ganja.
Sumber :
  • REUTERS/Steve DiPaola

VIVA.co.id – Tanaman ganja ternyata sudah mulai digunakan oleh manusia prasejarah sejak 11 ribu tahun yang lalu, terutama manusia prasejarah di Eropa dan Asia.
 
Dilansir Daily Mail, Kamis 14 Juli 2016, peneliti dari Free University of Berlin, Jerman mengatakan pertama kali digunakan untuk pemanfaatan obat-obatan. Tapi, butuh waktu 6 ribu tahun sehingga ganja berhasil digunakan sebagai obat bius.
 
Menurut studi peneliti, pertama kali digunakan oleh manusia prasejarah di China dan Asia Tengah. Tapi, peneliti menemukan, kisah pertama penggunaan ganja adalah di Jepang dan Eropa Timur, yakni sekitar 11.500 dan 10.200 tahun yang lalu.
 
Penggunaan di masa kuno tak hanya daunnya saja, sebab serbuk sari, buah dan serat batang tanaman itu juga dimanfaatkan oleh manusia kuno. Batang ganja di masa lalu telah dimanfaatkan untuk obat-obatan dan sumber makanan.

Bule Rusia Bikin Jengkel Hakim PN Bali

Sementara, pada zaman modern saat ini, batang ganja baru digunakan untuk serat tekstil.

Pemanfaatan ganja di masa lalu juga telah dilakukan orang di India. Uniknya, di tanah Hindustan ini pada masa lalu ganja dianggap sebagai tanaman suci dan digunakan untuk Festival Hindu. Pemanfaatannya sudah digunakan sejak 5 ribu tahun sebelum masehi hingga sekarang.

Monyet Peliharaan Kecanduan Ganja, Pria Disanksi Berat

(ren)

Daun ganja.

Boleh Tanam Ganja di Malaysia, Tapi Ada Syaratnya

Ganja hanya boleh ditanam untuk kepentingan medis yang telah diizinkan

img_title
VIVA.co.id
9 Oktober 2019