TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Tips Dongkrak Bisnis Lokal dengan Pokemon Go

Memanfaatkan keunggulan Pokemon Go bisa jadi peluang bisnis
Tips Dongkrak Bisnis Lokal dengan Pokemon Go
Demam Pokemon Go di Amerika Serikat (REUTERS/Mark Kauzlarich)

VIVA.co.id – Popularitas game Pokemon Go bisa dimanfaatkan untuk menaikkan dan mempromosikan profil maupun produk bisnis lokal. Karakter permainan dalam game besutan Niantic Lab, Nintendo, dan The Pokemon Company itu dinilai bisa membuka peluang untuk mendukung kampanye produk bisnis lokal.

Ibarat sambil minum menyelam air, pola permainan pada Pokemon Go memungkinkan untuk mempromosikan dan mendekatkan produk bisnis tertentu kepada calon pelanggan, yang merupakan pengguna game tersebut. Pemetaan game ini berbasis lokasi sesuai dengan keberadaan pengguna yang memainkan game itu. Hal ini menjadi poin penting.

Dikutip dari Inc, Rabu 13 Juli 2016, pendiri dan Kepala Eksekutif iDoneThis, Walter Chen memberikan beberapa tips agar Pokemon Go bisa menaikkan profil bisnis Anda.

Pokemon Go berbasis lokasi

Chen menuliskan kekuatan Pokemon Go yaitu 'memaksa' penggunanya untuk tidak diam, statis di satu tempat. Game ini menarik pengguna untuk terus dinamis, berjalan di sekitar lokasi.

Karakteristik ini berarti bisa membuat peluang pengguna game menemukan berbagai titik menarik di tiap lokasi yang dilaluinya. Dengan demikian, profil bisnis lokal bisa ditempatkan di jalur yang kemungkinan dilalui pengguna.

Dekati Pokestop dan Gym

Chen mengatakan karakteristik selanjutnya yaitu mengenali fitur penting dalam Pokemon Go. Diketahui dalam game ini, Gym dan Pokestop merupakan salah satu titik penting.

Pokestop merupakan sebuah lokasi untuk mendapatkan item in-game. membeli fitur tertentu. Sementara Gym adalah tempat bagi trainer untuk bertarung Pokemon dengan trainer (pengguna) lainnya. Pastikan agar profil bisnis Anda bisa sedekat mungkin dengan Pokestop dan Gym.

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni memahami hal yang banyak diincar pengguna dalam game ini. Diketahui, Pokemon Go menawarkan rangkaian fitur berbayar dalam aplikasi (in-app purchase).

Bikin menarik lokasi bisnis

Makanya untuk itu, bisnis yang ingin ditawarkan harus bisa semenarik mungkin bagi pengguna game ini. Untuk hal ini, Pokemon Go telah menyediakan mediumnya yakni, Lure.

Lure merupakan medium yang akan membuat titik tertentu bisa menarik karakter Pokemon. Begitu meletakkan ‘pengumpan’ di suatu titik, kemungkinan besar pengguna game akan berusaha mendekati titik tersebut. Nah, begitu mendekati titik yang dimaksud, maka bisa menampilkan profil bisnis yang ingin ditawarkan.

Chen juga menyarankan agar Anda mengkapitalisasi bisnis yang ingin ditawarkan di dekat Gym.

Ikuti Pokemon berkeliaran

Kemudian pertimbangkan juga, untuk mengikuti ke mana Pokemon berkeliaran. Untuk menemukan Pokemon berkeliaran memang tak mudah, sebab karakter yang diburu ini memang kadang muncul tanpa diduga.

Untuk itu, tipsnya yaitu ambil bisnis yang ditawarkan di jalanan pada peta game Pokemon Go. Dengan strategi ini, kemungkinan bisnis bisa dilihat pengguna Pokemon Go akan semakin besar.

Chen mencontohkan jika ingin menampilkan ritel fesyen, maka bisa meletakkan sebuah mobil van dengan ragam pakaian yang ditawarkan. Sementara jika Anda ingin menampilkan restoran, maka tak ada salahnya bersiap di taman dan tampilkan menu favorit dari bisnis Anda.

Jangan lupa, setelah siasat itu dilakukan, yakni promosikan dan iklankan Pokemon di media sosial.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP