Manfaat Main Pokemon Go Bagi Kesehatan

Bermain Pokemon Go.
Sumber :
  • REUTERS/Mark Kauzlarich

VIVA.co.id – Secara psikologis, permainan yang sedang digemari banyak orang, Pokemon Go dikatakan memiliki banyak manfaat. Salah satunya, seperti memenuhi kebutuhan untuk bersosialisasi.

Pokemon Go Akhirnya Resmi Hadir di Indonesia

Secara fisik, permainan ini juga mengajak penggunanya untuk bergerak, sehingga mampu meningkatkan suasana hati seseorang. Kalau secara psikologis, permainan ini memiliki dampak positif, namun bagaimana dengan kesehatan. 

Biasanya permainan virtual hanya mengajak penggunanya bergerak di tempat, seperti permainan Nintendo Wii Fit. Dan, permainan lainnya justru mengajak penggunanya untuk terus betah berlama-lama ada di kursinya.

Pemain Pokemon Go Dilarang Cari Monster di Taman Hiroshima

Pokemon Go sendiri hampir sama dengan permainan virtual lainnya yang membutuhkan pergerakan dari pengguna. Namun, Pokemon Go mengajak penggunanya untuk bergerak lebih aktif.

"Sejak lama, kemajuan dalam teknologi telah mengurangi aktivitas fisik dan justru meningkatkan waktu untuk duduk diam, di mana hal ini sangat berisiko tinggi pada kesehatan," kata Graham Thomas, asisten profesor dari Psikiter dan perilaku manusia di Miriam Hospital, Rhode Island.

Pokemon Go Sukses, Pengembang Game Akan Ciptakan Pororo Go

"Menyenangkan bisa melihat, bagaimana teknologi berubah dan justru digunakan untuk mempromosikan aktivitas fisik," ujarnya seperti dilansir Live Science.

Permainan yang diluncurkan sejak 6 Juli 2016 lalu ini, mengajak penggunanya untuk berjalan berkeliling (dalam dunia nyata) dan mencoba untuk menemukan dan menangkap (virtual) karakter Pokemon.

Aplikasi ini menggunakan kamera ponsel dan mengandalkan fitur bernama Augmented Reality, jadi saat melihat layar ponsel, pengguna akan melihat karakter Pokemon berada di atas objek nyata.

Sekarang, berkat Pokemon Go, pemain dari permainan ini telah berjalan berkilo-kilo meter setiap harinya untuk bermain permainan monster lucu ini. Beberapa pengguna media sosial menulis, "Terimakasih pada#PokemonGO saya telah berjalan sejauh delapan kilometer dan berteman dengan delapan teman baru kemarin. Ini adalah permainan paling aktif dan bersosialisasi yang pernah saya miliki dalam bulan ini."

Diharapkan, ke depannya permainan seperti ini bisa menjadi inspirasi pengembang permainan lainnya, agar bisa membuat orang lebih aktif. "Ini mungkin bisa mendorong pengembang lainnya untuk membuat permainan yang membutuhkan aktivitas fisik," kata Thomas. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya