TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Smartfren Mulus dalam Lonjakan Trafik Lebaran 2016

Pelanggan malah suka menggunakan teknologi baru VoLTE
Smartfren Mulus dalam Lonjakan Trafik Lebaran 2016
Smartfren 4G LTE coverage range (Viva.co.id/Daru Waskita)

VIVA.co.id – PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) mengaku sukses melayani pelanggan melewati masa puncak trafik telekomunikasi pada Lebaran 2016. Smartfren mengklaim mampu menjaga kualitas pelanggan tanpa kendala berarti mulai dari H-1 hingga H+1 Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Dari data tim jaringan Smartfren menyebutkan, secara total terjadi peningkatan data sebesar 160,74 persen bila dibandingkan dengan Lebaran tahun lalu. Peningkatan trafik telekomunikasi ini terjadi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Timur.

Seperti yang dirasakan operator lainnya, Smartfren juga mencatat trafik voice (suara) dan SMS mengalami penurunan, masing-masing -40,55 persen untuk suara dan -22,47 persen untuk SMS.

Sedangkan untuk teknologi Voice over LTE (VoLTE) yang telah diperkenalkan Smartfren beberapa bulan lalu ada kenaikan trafik pada Lebaran tahun ini. Untuk trafik video call melalui VoLTE, Smartfren mencatat ada lonjakan hingga 37,72 persen dibandingkan hari biasa. Hal itu berbeda dengan voice call yang justru turun -17,44 persen.

Presiden Direktur Smartfren, Merza Fachys, mengatakan, trafik suara serta SMS memang mengalami penurunan karena masyarakat lebih memanfaatkan sarana pesan instan, seperti Line, BBM, serta WhatsApp untuk mengirimkan ucapan Lebaran.

"Namun, kami melihat ada tren baru dalam berkomunikasi yaitu menggunakan video call dibandingkan voice call, terlihat dari adanya peningkatan trafik VoLTE. Tentunya, kami senang karena teknologi yang kami sediakan membantu mereka yang terpisah jarak untuk bersilaturahmi dan bertatap muka menggunakan video call," ucap Merza dalam siaran persnya, Selasa, 12 Juli 2016.

Sebelumnya dalam mengatasi lonjakan trafik pada Lebaran kemarin, Smartfren melakukan dua langkah. Pertama, melakukan pemantauan dan penanganan gangguan selama 24 jam penuh mulai dari H-14 hingga H+14. Smartfren melakukan back up sistem dengan menyediakan 265 unit BTS di sepanjang jalur mudik dan 176 unit BTS di kota yang trafiknya tinggi.

Kedua, belajar dari pengalaman tahun lalu, yang mana pemudik mengalami kemacetan di rute mudik. Maka dari itu, Smartfren menghadirkan berbagai promo untuk produk-produknya, seperti MiFi dan Andromax.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP