TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Demam Pokemon Go, Streaming Lagu di Spotify Naik Lebih 300%

Game Pokemon Go sedang populer di dunia digital.
Demam Pokemon Go, Streaming Lagu di Spotify Naik Lebih 300%
Game Pokemon Go (www.bbc.co.uk/Nintendo)

VIVA.co.id – Setelah suksesnya peluncuran aplikasi mobile Pokemon Go di Amerika Serikat pada 6 Juli 2016, banyak orang di dunia terkena 'demam' Pokemon. Game itu mendongkrak popularitas lagu yang bertema Pokemon.

Dalam keterangannya, platform streaming Spotify memantau data streaming lagu selama satu minggu, dari 3 Juli hingga 10 Juli 2016.

"Jumlah streaming lagu Pokemon, Theme‘Gotta Catch ‘Em All’ meningkat sebanyak 362 persen di seluruh dunia selama seminggu belakangan ini," tulis Spotify dalam keterangannya kepada VIVA.co.id, Selasa 12 Juli 2016.

Sementara itu, jumlah keseluruhan streaming lagu bertema Pokemon lainnya di Spotify juga meningkat lebih dari tiga kali lipat.
 
Lima lagu bertema Pokemon yang paling sering di-streaming pada Spotify, yakni Pokémon Theme, Pokérap, Pokémon Johto, Go Pokémon Go dan I Want To Be A Hero.

Sebagai informasi, dalam beberapa hari terakhir ini, penggemar game sedang menikmati fenomena viral aplikasi game Pokémon Go.

Game keluaran dari Nintendo dan The Pokémon Company itu memang baru dirilis untuk pasar Amerika Serikat, sejak pekan lalu, tetapi viral game ini telah mendunia.

Dalam game ini, pemain akan ditantang untuk menangkap mahluk khusus yang disebut Pokémon. Hal yang membuat spesial dalam game baru ini adalah penggunaan augmented reality, yang mana Pokémon akan muncul secara real time dalam dunia nyata berbasis GPS.   

Berbekal GPS tersebut, pemain akan ditantang menemukan Pokémon dan mengumpulkan item pada game tersebut.

Saat sang pemain menemukan satu Pokémon, maka game akan membuka kamera ponsel pintar dan memberikan pandangan lebih luas Pokémon dalam dunia nyata. Pemain bisa menggunakan PokéBall untuk menangkap mahluk tersebut.

Tantangan lainnya, saat menjalankan misi mengumpulkan Pokémon, pemain akan menemui beberapa Poké Stop di lokasi nyata pengguna memainkan game tersebut.

Dengan role play tersebut, game ini cepat menjadi aplikasi gratis populer di pusat aplikasi App Store maupun Google Play. Dikutip dari laman Boston Globe, 11 Juli 2016, game ini telah diunduh setidaknya 100 ribu kali di Play Store.

Selain menimbulkan viral, game Pokémon Go dilaporkan menimbulkan dampak yang mengerikan, kecelakaan di berbagai lokasi di dunia.

"Pokémon Go membuat saya masuk ke UGD. Setengah jam usai dirilis, saya terpeleset dan jatuh ke bawah selokan," ujar salah satu pengguna dalam Reddit dikutip Boston Globe.

Sang pengguna tersebut mengaku harus dirawat, karena mengalami retak tulang metatarsal pada kakinya dan membutuhkan istirahat total selama 6-8 pekan untuk pemulihan. (asp)

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP