TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

Mozaik Kapal Nabi Nuh Ditemukan di Tempat Ibadah Yahudi

Mozaik kapal Nabi Nuh tergolong tak umum dan langka.
Mozaik Kapal Nabi Nuh Ditemukan di Tempat Ibadah Yahudi
Mozaik kapal Nuh ditemukan di tempat ibadah kuno Yahudi (www.livescience.com/Baylor University)

VIVA.co.id – Tim arkeologi telah menemukan kepingan kaca berwarna atau mozaik kapal Nabi Nuh pada tempat ibadah kuno Yahudi di Huqoq, Israel.

Dalam ekskavasi selama Juni lalu, arkeolog menemukan dua panel lantai mozaik zaman Romawi akhir sekitar abad kelima.

Satu panel mozaik menunjukkan kapal Nuh yang dilengkapi dengan pasangan hewan, yaitu macan, macan tutul, dan beruang. Sedangkan satu panel kuno lainnya menggambarkan tentara ditelan ikan besar di sekitar kapal terbaik di Laut Merah.

Direktur ekskavasi yang juga peneliti dari Universitas North Carolina Amerika Serikat Jodi Magness mengatakan, mozaik tersebut tergolong sangat langka pada periode waktu tersebut.

"Yang saya tahu, hanya dua adena mozaik yang merupakan bagian dari Laut Merah dalam tempat ibadah kuno Yahudi," jelas dia kepada National Geographic.

Dua adegan yang dimaksud yaitu gambar dinding di Dura Europos, sekarang Suriah dan satunya ada di Wadi Hamam di Israel. Tapi kedua mozaik yang diketahui itu sangat tidak terawetkan dan terpisah-pisah. Magness mengatakan suasana mozaik kapal Nuh yang ditemukan tergolong tak biasa.

Peneliti menggali situs di Huqoq sejak 2012. Selama empat tahun ekskavasi, arkeolog telah menemukan beberapa mozaik yang menggambarkan kisah dalam Injil.

Kemudian belakangan penggalian menemukan mozaik pertama yang tak terkait Injil di tempat ibadah kuno Yahudi tersebut. Mozaik tak terkait Injil itu di antaranya yang menggambarkan pertemuan antara dua tokoh laki-laki penting yang diduga Alexander Agung dan Imam Besar Yahudi.

Selama ini mozaik yang ditemukan arkeolog ditemukan di bagian lorong timur tempat ibadah Yahudi tersebut. Peneliti tak yakin apakah mozaik itu berlanjut di bagian tengah tempat ibadah. Alih-alih, arkeolog malah menemukan dua mozaik kapa Nuh dan Laut Merah.

Selain mozaik, penggalian juga menemukan koin kuno berusia 2300 tahun.

Selanjutnya peneliti akan mengamankan mozaik itu dan akan menguruk kembali area yang diekskavasi. Jadwal penggalian selanjutnya akan dilakukan pada musim panas 2017.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP