TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Trafik Data di Objek Wisata Meningkat Pasca Lebaran

Kenaikan data mencapai empat kali lipat dari hari biasa
Trafik Data di Objek Wisata Meningkat Pasca Lebaran
Pantai Ancol (Danar Dono - VIVA.co.id)

VIVA.co.id – Lonjakan trafik layanan komunikasi dan data ternyata tidak hanya terjadi di jalur mudik. Usai Lebaran, beberapa obyek wisata dan mal di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat ternyata ikut mengalami lonjakan layanan yang cukup signifikan.

Berdasarkan laporan Telkomsel, beberapa tempat yang mengalami lonjakan trafik itu adalah pusat keramaian seperti mal, taman rekreasi, obyek wisata alam, taman hiburan, serta resor atau tempat penginapan. Berbagai tempat itu biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk berlibur bersama keluarga atau kerabat, dalam menikmati masa liburan Lebaran.

Telkomsel mendeteksi setidaknya ada 128 titik destinasi wisata yang menjadi Point Of Interest (POI), akan mengalami lonjakan trafik komunikasi pada masa libur Lebaran mulai 6-17 Juli 2016, terutama saat memasuki akhir pekan. Jumlah tersebut hanya di wilayah operasional area Jabodetabek.

"Layanan data yang banyak digunakan oleh para pelanggan adalah untuk mengakses internet dan media sosial, baik untuk unduh foto maupun streaming. Oleh karena itu Telkomsel menyiagakan sejumlah compact mobile base station atau mobile BTS 4G di lokasi destinasi wisata," ujar Vice President Telkomsel untuk Area Jabodetabek Jabar, Venusiana Papasi, dalam keterangannya, Selasa, 12 Juli 2016.

Destinasi wisata tersebut di antaranya Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Pantai Sawarna Banten, Pantai Anyer dan Carita, obyek wisata Ujung Genteng, Taman Rekreasi Lembang, dan Pantai Pangandaran,

Dikatakannya, kenaikan layanan terjadi pada 9 dan 10 Juli 2016. Saat itu, di wilayah Jabodetabek, kenaikan trafik komunikasi data tertinggi terjadi di obyek wisata Pantai Sawarna di Kabupaten Lebak-Banten, dengan kenaikan mencapai 878 persen, dan obyek wisata Ujung Genteng di Sukabumi yang mencapai 170 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan di wilayah operasional Regional Jawa Barat, dari 22 titik destinasi wisata yang telah dideteksi Telkomsel akan menjadi tempat favorit pelanggan, kenaikan trafik komunikasi data tertinggi dikontribusi dari obyek wisata Darajat di Garut sebesar 428 persen, serta wisata alam Kawah Putih dan Situ Patenggang di Bandung Selatan yang mencapai 443 persen.

"Untuk penempatan BTS Mobile Combat Telkomsel di titik destinasi wisata, trafik penggunaan layanan data tertinggi terjadi di titik obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah untuk wilayah  Jabotabek, sedangkan di Jawa Barat trafik layanan data BTS Mobile Combat tertinggi dikontribusi dari titik obyek wisata Pantai Pangandaran," kata Venus.

Selama momen Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, dalam laporan resmi Telkomsel mengumumkan, secara kualitas tingkat keberhasilan untuk layanan komunikasi secara umum baik. Tingkat kesuksesan layanan data dan SMS mencapai lebih dari 99 persen, sementara tingkat kesuksesan layanan suara di atas 98 persen.

Hadirnya 76 unit BTS Mobile Combat, yang 19 di antara berada di wilayah operasional Area Jabotabek dan Jawa Barat, diklaim mampu mengantisipasi kebutuhan tambahan kapasitas jaringan guna meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses layanan data.

Menyambut momen Lebaran tahun ini, sebelumnya Telkomsel telah melakukan optimalisasi dan peningkatan kualitas jaringan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, diantaranya dengan membangun 623 BTS baru dan memutakhirkan  486 BTS. Selain itu, Telkomsel juga meng-upgrade 1.052 BTS serta 75 base station controller dan radio network controller.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP