Banjir India, Puluhan Orang Tewas & Ratusan Ribu Mengungsi

Banjir di India.
Sumber :
  • REUTERS/Jitendra Prakash

VIVA.co.id – Banjir bandang terjadi di di India akibat hujan deras yang terjadi selama satu pekan lalu, menewaskan 22 orang. Otoritas setempat, hari ini pun mengumumkan setidaknya lebih dari 170 ribu warga kehilangan rumahnya dan terpaksa mengungsi. 

Terungkap Deretan Bayangan Masa Depan Indonesia dalam Ramalan Jayabaya

Dilansir dari Reuters, Senin, 11 Juli 2016, meskipun hujan penting bagi pertanian setempat, intensitas yang berlebihan akan mengakibatkan kehancuran lahan, bahkan kematian. 

Kantor cuaca setempat mengungkapkan, hujan yang mereda Rabu 6 Juli lalu melebihi rata-rata batas yang biasa terjadi. Bahkan kenaikan intensitasnya hingga 35 persen lebih tinggi. 

Baru Terjadi, Ini Arti Gempa di Bulan Ramadhan Menurut Primbon Jawa

Dua puluh orang tewas di negara bagian Madhya Pradesh, dan 70 ribu warga lainnya mengungsi. Intensitas air di sungai Narmada naik ke level yang berbahaya. 

"Ribuan orang akan dievakuasi hari ini, Kami sedang bekerja dengan mode perang untuk mendirikan kamp bantuan," kata Sekretaris Rumah Tangga Pemerintah setempat, Basant Singh di Bhopal, ibu kota negara bagian. 

Deretan Penerawangan 2024 Nostradamus, Salah Satunya Bencana Mengerikan

"Departemen Kesehatan mendistribusikan obat-obatan untuk mencegah wabah penyakit yang terbawa air,” ujarnya. 

Sementara itu di negara bagian Assam, banjir setidaknya menewaskan dua orang dan 100 ribu orang harus meninggalkan rumahnya. Para pengungsi itu terpaksa berteduh di tempat yang lebih tinggi. 

"Departemen Kesehatan mendistribusikan obat-obatan untuk mencegah wabah penyakit yang terbawa air," ucapnya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya