Wajib Tahu, Tujuh Makanan yang Ampuh Cegah Diabetes

Ilustrasi buah stroberi
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Sebutan “pembunuh diam-diam” kepada penyakit diabetes selama ini bukan sekadar omong-kosong. Setiap tahun, semakin banyak orang yang menderita penyakit metabolik yang satu ini.

Ini Cara Menurunkan Gula Darah dalam 15 Menit, Dijamin Efektif

Kelebihan berat badan, kurangnya aktivitas fisik, gaya hidup yang buruk dan asupan makanan tinggi kalori, gula serta lemak adalah penyebab semakin meningkatnya angka penderita diabetes di seluruh dunia dewasa ini.

Selain mengubah gaya hidup dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda, ada sejumlah makanan yang mampu membantu mencegah penyakit diabetes. Berikut ini di antaranya, seperti dilansir dari Times of India.

Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia, Ini Tanda Jika Melebihi Batas

Kunyit

Sejumlah studi mengklaim bahwa kurkumin, senyawa yang ditemukan di dalam kunyit mampu mencegah atau menunda diabetes. Hingga kini masih terus dilakukan studi lebih lanjut mengenai manfaat jangka panjang kunyit dalam upaya pencegahan diabetes.

5 Obat Diabetes Paling Ampuh dari Tumbuhan Alami

Stroberi

Buah lezat satu ini tak hanya cantik, namun juga sangat lezat. Tak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya secara rutin. Nah, para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi stroberi membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dan lemak dalam darah. Sebagai informasi, keduanya memainkan peran yang penting dalam perkembangan penyakit diabetes.

Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tikus juga menemukan bahwa mengonsumsi stroberi bermanfaat dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Keju dan yoghurt

Keju dan yoghurt rendah lemak juga akan membantu menjauhkan Anda dari diabetes. Para ahli percaya bahwa bakteri sehat yang ditemukan di dalam produk olahan susu fermentasi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan mencegah diabetes.

Red wine

Resveratrol, senyawa dalam red wine ternyata mampu membantu meningkatkan fungsi gula darah dengan mengatur hormon insulin. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dengan bebas. Asupan moderat adalah kuncinya.

Kayu manis

Kayu manis memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Rempah-rempah yang satu ini membantu menurunkan glukosa darah puasa, menurunkan kadar trigliserida, kolesterol jahat dan mampu meningkatkan sensitivitas insulin.

Apel

Antosianin, senyawa yang banyak ditemukan di dalam apel ampuh membantu mengatur kadar gula darah.

Bayam

Bayam kaya akan banyak nutrisi yang membuatnya menjadi sayuran yang sangat menyehatkan. Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam setiap hari mengurangi risiko diabetes sebesar 14 persen.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya