TUTUP
TUTUP
TEKNOLOGI

Cloud dan Teknologi Real Time Warnai Tour de France 2016

Sensor real time disematkan di bawah sadel para pesepeda.
Cloud dan Teknologi Real Time Warnai Tour de France 2016
Tour de France 2016 (Cycling News)

VIVA.co.id – Lomba balap sepeda Tour de France yang saat ini sedang berlangsung ternyata mulai disusupi beberapa kecanggihan teknologi. Salah satunya adalah perangkat yang memungkinkan penonton mendapatkan data analitik para pesepeda secara real time.

Saat perlombaan berlangsung, para penonton banyak yang bertanya mengenai perangkat yang menempel di bagian belakang sadel sepeda para peserta. Kecanggihan analisis tersebut ternyata berasal dari perangkat itu.

Dilansir melalui Cycling Weekly, 5 Juli 2016, perangkat itu merupakan transmitter yang disematkan di bawah jok para pesepeda. Perangkat itu disediakan Dimension Data untuk menganalisis situasi dan kecepatan yang dihasilkan pesepeda.

Secara kebetulan, Dimension Data juga merupakan sponsor resmi salah satu tim pesepeda yang ikut serta.

Cara kerjanya, Dimension Data akan menganalisis data yang dihasilkan dari perangkat sensor tersebut. Tidak hanya soal posisi dan kecepatan, perangkat ini juga bisa melacak keakuratan posisi dari 198 pesepeda yang ada, dan bisa digunakan untuk mengukur jarak antarpesepeda.

"Semua data nantinya akan diterima di layanan 'Big Truck' milik Dimension Data. Data dasar tersebut akan diubah menjadi statistik yang lebih bisa dimengerti," ujar Adam Foster, Dimension Data’s Group Executive, Sports Practice.

Mereka memaparkan, Big Truck Data milik Dimension Data juga telah diperbarui dan diperbesar untuk mengakomodasi berbagai penerimaan data dalam bentuk gambar serta grafis maupun koordinasi balapan.

"Ini akan membuat tim analisis data yang bertanggung jawab bisa menghadirkan solusi data secara menyeluruh pada Tour de France 2016. Berkat kolaborasi teknologi dan integrasi data, juga akan memungkinkan semua data tersaji di atas layar," ujar Foster.

Inovasi lain yang tidak kalah utama adalah Race Center, aplikasi berbasis web yang ditempatkan di platform cloud Dimension Data ini bisa dikembangkan bersama dengan Amaury Sport Organization (A.S.O), penyelenggara Tour de France.

"Aplikasi ini menggabungkan data balapan secara live, berikut video, foto, media sosial, dan komentar tentang balapan, yang dikombinasikan dengan website live tracking, guna memberikan pengalaman digital yang mendalam dari sekadar menyaksikan liputan balap di televisi," kata Foster.

Foster menjelaskan, tahun ini, Dimension Data bekerja dengan lingkup lebih luas, yang berarti memperlebar akses ke data balapan, rute balapan, pengendara, dan kondisi cuaca saat ini.

"Yang menarik, tahun ini adalah kemampuan untuk memberikan seluruh informasi ini kepada A.S.O. melalui platform digital terpadu," ujar Foster.

Hal ini membuat kualitas data menjadi lebih berharga bagi keterlibatan pemirsa, dan berinteraksi langsung melalui media sosial serta live video untuk terlibat dengan “arena” para pesepeda.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP