NASA dan Apple Ciptakan Lagu Pengiring Misi Juno ke Jupiter

Ilustrasi pesawat Juno mendekati Planet Jupiter.
Sumber :
  • NASA

VIVA.co.id – Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) ingin pencapaian pesawat luar angkasa Juno ke orbit Jupiter nanti disambut oleh soundtrack sebagai lagu keberhasilannya. NASA pun sudah membicarakan perihal itu dengan pihak Apple.

Bisa Dihuni Manusia, Ini 10 Fakta Stasiun Luar Angkasa ISS

Sebagaimana diberitakan Cnet, Jumat 1 Juli 2016, NASA dan Apple akan menjadikan perjalanan Juno ke Jupiter sebagai inspirasi dari sebuah lagu yang diciptakan. Saat ini, Juno masih berada di area Jupiter dan diperkirakan pekan depan sudah berada di orbit planet terbesar di Tata Surya.

Pihak Apple telah menciptakan lagu-lagu pengisi soundtrack yang berjudul Destination: Jupiter. Sejumlah musisi ternama pun mengisi lagu pengiring misi Juno, seperti Brad Paisley, Corrine Bailey Rae, vokalis Nine Inch Nails Trent Reznor, dan lainnya.

Stasiun Luar Angkasa AS-Rusia Masuk Dalam Ketegangan Geopolitik

Disebutkan kalau lagu tersebut akan hanya tersedia di iTunes. Masing-masing lagu akan dikenakan tarif US$1,29 atau sekitar Rp16 ribuan.

Kerjasama NASA dan perusahaan pimpinan Tim Cook ini menghasilkan film pendek berjudul Visions of Harmony, di mana isinya berceritakan? hubungan antara menjelajah antariksa dan membuat musik. Dalam film tersebut diberikan lagu pengiring hasil karya Weezer dan Nine Inch Nails.

Sampah China Diburu Amerika

Keinginan NASA dalam menciptakan lagu pengiring misi dalam perjalanan Juno, karena misi itu melalui masa yang cukup panjang dari Bumi, yakni lima tahun. Diperkirakan Juno mencapai orbit Jupiter pada 4 Juli nanti.

Ketika memasuki orbit Jupiter, Juno akan mempelajari kutub planet, komposisi, atmosfir, megnotosphere, cuaca, dan gravitasi. Juno yang dibuat dengan menelan biaya US$1,1 miliar ini diharapkan dapat mengumpulkan segala informasi dari interior maupun bagian lainnya di Planet Jupiter.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya