Jelang Mudik, XL Sematkan Teknologi Canggih

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id – Menjelang beberapa hari ini, PT XL Axiata Tbk (XL) mengimplementasikan teknologi terbaru bagi pemudik. XL telah menyematkan perangkat Radio Dot System (RDS) di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta).

Begini Cara XL Axiata Buat Pelanggan Tidak Pindah ke Lain Hati

Perangkat canggih tersebut, berfungsi memancarkan sinyal di dalam gedung dengan teknologi terbaru. Infrastruktur jaringan ini, kini telah mampu melayani kebutuhan pelanggan XL yang dapat mengatasi kenaikan trafik jelang Lebaran 2016 ini, salah satunya di Bandara Soetta.

"Bandara Soetta memang salah satu lokasi yang menjadi prioritas kami untuk menyajikan layanan maksimal. Apalagi terminal 2, salah satu pintu bagi masyarakat dan tamu dari negara lain yang berkunjung ke Indonesia," ucap Director/Chief Service Management Officer XL, Yessie D. Yosetya, Jumat 1 Juli 2016.

XL Axiata akan Bersih dari 3G, Hanya Ada 4G dan 5G

Yessi melanjutkan, perangkat RDS yang dipasangnya menggunakan teknologi terbaru dengan berbagai keunggulan. Bahkan, dikatakan dia, kalau perangkat tersebut baru XL gunakan di Indonesia.

Ada sedikitnya 118 titik yang telah terpasang dengan RDS dalam gedung dengan luas jangkauan 220 ribu meter persegi. Satu perangkat bisa melayani hingga 96 pengguna 3G secara bersamaan dan 40 pengguna 4G secara bersamaan pada satu titik lokasi.
 
Keunggulan yang dimiliki dengan menggunakan teknologi active radio dan antena dibanding dengan perangkat sejenis versi lama antara lain adalah jangkauan atau coverage yang lebih luas, serta jaminan kualitas layanan yang jauh lebih besar melalui implementasi teknologi LTE MIMO 2x2 dan 3G Multi Carrier.

XL Axiata Lagi Semringah

Keunggulan lainnya adalah implementasi yang jauh lebih mudah, cepat, serta lebih fleksibel. Selain itu juga lebih efisien dari sisi jangkauan dan throughput yang lebih tinggi.
 
XL akan mengimplementasikan perangkat small cell berteknologi terbaru ini untuk menggantikan perangkat lama yang memang sudah harus diperbarui. Selain di Bandara, perangkat baru ini sudah terpasang di sejumlah XL Center di Jakarta.


 
Kualitas jaringan di jalur mudik
 
Mengantisipasi lonjakan trafik di jalur utama mudik Lebaran, XL telah memastikan kualitas jaringannya. Terutama, di sepanjang jalan tol yang telah menghubungkan secara tidak terputus dari Merak hingga Brebes Timur di Jawa Tengah, juga sepanjang Tol Purbaleunyi, dan jalan tol lain di berbagai daerah, sebagian besar ter-cover dengan kualitas layanan data yang baik.

"Hanya beberapa lokasi yang kurang baik. Namun, sama sekali tidak ada blank spot,  atau lokasi yang sama sekali tidak mendapatkan sinyal XL," katanya.
 
Bahkan, untuk jalan tol baru yang menghubungkan Pejagan hingga Brebes Timur, XL telah menempatkan mobile BTS (m-BTS) untuk memperkuat sinyal, selain juga ter-cover oleh sedikitnya 70 BTS di sepanjang jalur tersebut.

Kualitas jaringan yang baik juga XL siapkan di sepanjang jalur Selatan Jawa, yang melalui Bandung – Tasik – Purwokero – Banyumas – Yogya – Solo – Madiun – Surabaya – Malang.  Titik-titik yang menjadi prioritas peningkatan kualitas jaringan antara lain adalah penyebrangan Merak-Bakheuni, Tol Cipali dan rest area di sepanjang tol tersebut, serta Tol Pejagan, serta kota- kota sepanjang jalur mudik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya