Ini Deretan Aplikasi untuk Teman Perjalanan Mudik

Aplikasi untuk mudik
Sumber :
  • Google Play

VIVA.co.id – Memasuki pekan terakhir bulan puasa, geliat mudik sudah mulai terasa. Terminal, stasiun kereta api, pelabuhan hingga bandara sudah makin tinggi aktivitasnya.

Lima Aplikasi Wajib untuk Para Pemudik

Salah satu kebutuhan saat mudik yaitu informasi lalu lintas di jalanan hingga jalur mudik. Hal ini penting agar pemudik bisa menyesuaikan lalu lintas dan rute, bagi yang menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan untuk pemudik yang memakai transportasi umum, informasi seputar mudik juga bisa dijadikan panduan.

Nah, kini informasi mudik bisa didapatkan melalui berbagai aplikasi mobile di pusat aplikasi.

Masyarakat Kini Bisa Unduh Gratis Aplikasi 'Ayo Mudik'

Berikut beberapa aplikasi untuk mudik yang ada di Google Play

1. Mudik Lebaran

Telah Lahir Aplikasi 'Pintar' Pemandu Lalu Lintas Mudik

Aplikasi buatan anak bangsa ini dibuat khusus untuk pemudik yang membutuhkan informasi penting dalam satu sentuhan.

Aplikasi buatan pengembang Gudang Kreatif Labs itu memiliki beberapa menu yaitu telpon penting, peta musik, mudik gratis, promo mudik, cari tiket dan pantauan CCTV Online.

Menu telpon penting yang tersedia misalnya pusat penerangan umum, ambulance, nomor derek resmi Jasa Marga sampai nomor posko kesehatan.

Pengguna aplikasi bisa mengunduh peta rute jalur mudik. Sedangkan untuk pantauan CCTV Online bisa dimanfaatkan untuk memantau kepadatan lalu lintas jalur mudik yang dilalui pemudik. CCTV Online yang disediakan dalam aplikasi ini merupakan CCTV jaringan Jasa Marga.

Aplikasi untuk mudik

2. Toilet Rate Mudik

Dalam perjalanan mudik yang berjam-jam dan macet, pemudik kadang perlu untuk kencing atau ke toilet. Nah kini ada aplikasi khusus yang membantu pemudik menemukan toilet bersih dalam perjalanan mudik.

Aplikasi ini punya beberapa fitur yang membantu mencari toilet umum.

Fitur Toilet Terdekat membantu pemudik menemukan lokasi toilet bersih terdekat dalam Google Maps

Kemudian ada fitur Petunjuk Arah yang berisi panduan dari lokasi pemudik ke tempat toilet bersih terdekat.

Fitur Submit Toilet Bersih ini memudahkan pemudik menilai kualitas toilet umm dengan memberikan rating pada  aplikasi. Makin banyak rating maka database aplikasi semakin banyak.

Aplikasi untuk mudik

3. Aplikasi Mudik

Aplikasi ini dihadirkan untuk membantu para pemudik dalam perjalanan. Aplikasi Mudik ini berisi beberapa fitur yang dapat membantu pemudik, di antaranya

Fitur Daftar 3 Jalur Mudik, berisi jalur mudik dalam Google Maps. Aplikasi ini sementara hanya menyediakan jalur mudik di Pulau Jawa.

Fitur Petunjuk Arah, berisi panduan dari lokasi pemudik ke tempat tertentu yang dapat ditentukan dengan pencarian.

Fitur Cari Tempat, untuk memudahkan pemudik dalam menentukan beberapa lokasi penting yang biasanya dibutuhkan ketika mudik, seperti pom bensin, restoran, rumah sakit, bengkel dan lainnya.

4. Toyota Teman Mudik

PT Toyota-Astra Motor ikut menyemarakkan musik dengan merilis aplikasi khusus. Aplikasi ini bertujuan memberikan kenyamanan pemudik, khususnya pemudik yang menggunakan kendaraan Toyota.

Pada aplikasi ini terdapat empat fitur. Pertama fitur Tips Mudik Lebaran.

Fitur ini berisi tips persiapan lebaran, doa-doa, jadwal salat dan imsak, dan tips persiapan pengemudi.

Fitur yang umum juga dihadirkan yaitu Peta Mudik. Fitur ini berisi Posko Mudik Siaga 24 jam dan Bengkel Siaga 24 jam.

Fitur Info Toyota membantu pengemudi menemukan daftar bengkel Toyota dan daftar posko musik siaga 24 jam Toyota. Sebagai penyenang, aplikasi ini juga terdaat fitur game.

Aplikasi untuk mudik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya