TUTUP
TUTUP
MINIMIZE
CLOSE
TEKNOLOGI

'Penemu' iPhone dan iPad Gugat Apple Rp131 Triliun

Pria tersebut klaim temukan konsep iPhone hingga iPad sejak 1992
'Penemu' iPhone dan iPad Gugat Apple Rp131 Triliun
Perbandingan konsep ERD dan iPhone (www.macrumors.com)

VIVA.co.id – Apple kembali digugat. Kali ini, produsen iPhone itu digugat oleh seorang warga Florida, Amerika Serikat, Thomas S Ross, karena dituding menjiplak konsep produknya.

Dikutip dari The Register, Rabu 29 Juni 2016, Ross mengaku telah menciptakan sebuah perangkat yang punya kemampuan pada iPhone dan iPod saat ini.

Ross mengaku produk ciptaannya pada 1992 dinamakan Electronic Reading Device (ERD). Antara 23 Mei hingga 10 September 1992, Ross mengaku telah mendesain semacam perangkat genggam.

Pada tahun itu juga, Ross mengajukan paten perangkat persegi panjang dengan sudut berpola bulat dan layar backlit yang bisa memainkan musik, toko buku sampai punya perangkat keras telekomunikasi mobile.

Memang, beberapa tahun usai mengajukan paten perangkatnya ke Badan Merek dan Paten AS, Ross tak menyelesaikan paten tersebut. Alasannya, mekanisme saat itu diharuskan membayar biaya pengajuan. Ross saat itu entah kenapa tidak memenuhi persyaratan permohonan paten tersebut.

Dikutip dari Macrumor, akhirnya pada April 1995, Ross mencoba gugatan ke pengadilan atas mekanisme pengajuan paten. Ross ingin keputusan pembayaran pada permohonan paten itu diubah. Alasannya, biaya tersebut tidak konstitusional. Tapi, sayangnya permohonan Ross di pengadilan itu tak dikabulkan.  

Ross juga mengajukan gugatan hak cipta untuk teknik kinerja perangkat pada Badan Hak Cipta AS pada 2014.

Dengan demikian, Ross menuding Apple telah menjiplak konsep produknya setelah 15 tahun ia mencoba mendaftarkan paten.

Merasa Apple mencuri konsep produk ciptaannya, Ross mengajukan gugatan ke pengadilan setempat. Dia menuntut Apple membayar US$10 miliar atau sekitar Rp131 triliun (kurs Rp13.100 per dolar AS) dan meminta 1,5 persen dari tiap hasil penjualan iPhone, iPad, dan iPod di masa depan.

"Apple memperkenalkan iPhone, iPad, dan iPod sebagai lini perangkat mobile. Semua sangat sesuai pokok pada ERD milik Ross," demikian tertulis dalam dokumen gugatan Ross.

Dalam gugatannya itu, Ross menyesali langkah Apple itu dibanding dengan menciptakan gagasan sendiri. "Apple malah mengadopsi gagasan ERD," tulis dokumen tersebut.

Gugatan Ross kepada Apple diajukan ke pengadilan distrik di Florida selatan pada awal pekan ini.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP